USB Type-C vs USB 3.0 Mana Yang Terbaik?

Kenapa Apple meluncurkan produk yang konektornya dikit banget? Contohnya MacBook yang rilis tahun 2015 lalu. Cuma dikasi satu colokan USB Type-C! Buat charge atau transfer file, semua harus lewat satu colokan doang. Aneh, kan? Pelit banget rasanya.

Ternyata colokan yang paling terbaru ini memang lagi populer di kalangan pengembang komputer. USB Type-C diberitakan akan jadi tipe colokan pengganti semua tipe colokan yang udah ada. Semua perangkat bakalan kompatibel dengan colokan ini.

Apakah USB Type-C lebih baik dari USB yang sekarang? Anyway, USB berbentuk kotak dan besar yang sering kita lihat di komputer desktop sebenarnya adalah USB Type-A. Versi terbarunya adalah USB 3.0, yang ada warna birunya. Mana ya yang lebih oke? USB Type-C atau USB 3.0, ya?

Jason Perlow, Editor Teknologi di ZDNet mengatakan, “USB Type-C adalah konektor yang Steve Jobs inginkan.” Sang pendiri Apple memang terkenal suka desain yang simpel dan elegan untuk produknya. Jadi wajar aja kalau Steve Jobs pasti suka tipe USB yang satu ini untuk disematkan di MacBook, misalnya.

Kita akan membandingkan kedua tipe USB ini berdasarkan beberapa faktor utamanya, seperti kecepatan, ukuran, kompatibilitas, dan bentuknya.

Ukuran USB Type-C Lebih Kecil

usb type-c kecil

 

USB Type-C punya ukuran yang sedikit lebih kecil dari USB Type-A, makanya konektor ini pas banget untuk smartphone jaman sekarang yang makin hari makin tipis. USB tipe ini setengah kali lebih kecil lebarnya dari USB Type-A, dan sepertiga lebih kecil tingginya. Bayangin kalo kamu nemuin ada smartphone dan colokannya USB kotak gitu. Kerasa jadul kan?

USB Type-C Udah Reversible

usb type-c hitam

Saat nyolokin USB Type-A ke laptop atau komputer desktop, sering salah colok karena kebalik kan? Nyolokin USB Type-C nggak akan kaya gitu. Dia udah reversible, alias bisa dibolak-balik. Lebih kecil dan reversible? Pas banget untuk ponsel yang tipis.

Lebih Cepat dari USB Sekarang

usb type-a iphone

Kecepatan transfer data USB Type-C bisa mencapai 10 Gbps. Gila! Kita semua bisa copy paste film dengan resolusi 4K tanpa perlu ninggalin komputer buat bikin kue lapis lagi! Kecepatan transfer ini dua kali lipatnya USB 3.0 yang Cuma 5 Gbps.

USB Type-C Bisa Ganttin Kabel VGA

kabel vga mac

Kalau kamu pengen nampilin layar komputer tablet kamu dengan TV, bisa pake USB Type-C loh. USB Type-C bisa melakukan transmisi sinyal video dengan resolusi maksimal 3840 x 2160 piksel. Hampir sekelas video 4K yang tempilannya jernih sejernih air terjun hutan Amazon.

Nge-cas Pake USB Type-C

usb type-c cas hape

USB Type-A nggak bisa dipake buat ngecas hape seperti USB Type-C. Bukan cuma smartphone, USB Type-C udah dipakai untuk konektor adaptor MacBook, lho. Satu konektor bisa untuk cas, kirim file, streaming monitor. Hmmm, udah kayak “pohon seribu gune” dari Upin Ipin ya.

USB Type-C Kalah dari USB 3.0

kompatibilitas usb type-a

Sehebat apapun suatu perangkat, pasti ada ‘flaw’ nya juga. USB Type-C punya kekurangan di segi kompatibilitas. Nggak semua perangkat yang tersebar di dunia ini udah kompatibel dengan USB Type-C. Tapi, banyak pakar IT mengatakan kalau USB tipe ini adalah yang akan menjadi konektor pengganti dari USB Type-A yang sekarang.