Tutorial Mudah Tethering Internet di Windows 10 dengan CMD

Sharing jaringan internet dari smartphone ke komputer lain sudah bukan barang asing lagi. Ketika paket data internet kita habis, paket data internet teman yang jadi mangsa.

Kalimat ini sudah tidak asing lagi di telinga siswa sekolah jaman sekarang, “Bro, tethering dong.”

Selain tethering dari smartphone, Anda juga bisa tethering laptop Windows 10 Anda dengan langkah-langkah yang sangat mudah. Mau tau caranya?

#1 Apakah Wireless Adapter Anda bisa Sharing Internet?

Sebelum memulai, Anda harus memastikan apakah wireless adapter komputer Anda bisa digunakan untuk sharing internet. Jika wireless adapter komputer tidak mendukung fitur ini, maka Anda harus membeli perangkat tambahan lain, yakni USB wireless adapter.

Duit lagi, duit lagi.

Caranya memeriksa apakah wireless adapter bisa mendukung sharing internet adalah sebagai berikut:

  1. Klik kanan tombol Start.
  2. Pilih Command Prompt (Admin).
  3. Lalu ketik perintah, netsh wlan show drivers.
  4. Perhatikan apakah terdapat informasi Hosted Network Supported: Yes pada jendela Command Prompt. Jika disana tertulis Yes, maka komputer Anda bisa digunakan untuk sharing internet ke komputer lain.

hosted network

#2 Membuat Hosted Network dengan Command Prompt

Pada jendela Command Prompt, ketika perintah netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=NamaHotspot key=PasswordAnda.

set ssid password

Ganti kata kunci NamaHotspot dengan nama Wi-Fi hotspot yang Anda inginkan, misal CariWifiNih. Ganti juga kata kunci PasswordAnda dengan password Wi-Fi yang Anda mau, misal 12345678, dan pastikan password Anda memiliki lebih dari 7 karakter. Kemudian pastikan tampilan Command Prompt seperti gambar berikut.

#3 Mengaktifkan Hosted Network

Masih pada jendela Command Prompt, ketik perintah netsh wlan start hostednetwork untuk mengaktifkan Hosted Network yang telah Anda buat.

hosted network started

#4 Aktifkan fitur Internet Connection Sharing dengan Control Panel

Pada tombol Start, klik kanan lalu pilih Network Connections. Kemudian klik kanan pada Ethernet untuk tethering hotspot windows 10 dari koneksi internet kabel ke Wi-Fi. Pilih Properties untuk memunculkan jendela Ethernet Properties.

Klik tab Sharing, lalu berikan centang pada perintah Allow other network users to connect through this computer’s internet connection.

Pilih Local Area Connection* X (X=angka yang muncul). Kemudian klik OK.

ethernet properties

Nah, sekarang Anda sudah bisa mencari Wi-Fi yang telah dibuat. Buka smartphone, tablet, atau komputer lain yang Anda ingin hubungkan dengan Wi-Fi Anda.

Non-Aktifkan Tethering Wi-Fi

Jika Anda ingin menonaktifkan sharing internet laptop Anda, buka Command Prompt lalu ketik perintah berikut, netsh wlan stop hostednetwork. Kemudian tekan Enter.

disallow hostednetwork

Silahkan mencoba langkah-langkah diatas di komputer Anda. Jangan khawatir apakah komputer bisa rusak, langkah tersebut tidak berbahaya sama sekali.

Namun hati-hati, jika Anda melakukan sharing internet dari laptop ke hp atau komputer lain dalam waktu yang terlalu lama, bisa merusak komponen Wi-Fi Anda, lho!

Jika Anda memiliki pertanyaan berkaitan dengan tutorial ini, silahkan mengisi di kolom komentar.

Featured Image: MarketingLand