9 Tips Memilih Monitor Terbaik untuk Gaming

Para gamer tidak sungkan untuk merogoh kocek dalam-dalam supaya bisa bermain dengan puas. Makanya para pemilik toko komputer sangat gencar dalam hal mempromosikan produk untuk para gamer. Salah satu perangkat yang paling penting untuk kepuasan bermain game PC adalah monitor. Jangan sampai salah memilih! Ini 9 tips yang harus diketahui gamer sebelum memilih monitor terbaik untuk gaming.



Sebelum menentukan pilihan monitor, ada beberapa merk monitor PC terbaik yang bisa dipertimbangkan. Merk monitor BENQ, AOC, ACER, Philips dan LG adalah lima merk monitor yang paling oke menurut Techradar.

Monitor PC berbeda dengan monitor pada TV. TV ya TV, PC ya PC. Jangan disamakan. Monitor PC punya kepadatan piksel paling tinggi daripada TV. Selain itu, ukuran monitor komputer LED punya rentang yang sangat jauh dari TV LED pada umumnya.

Anda bisa lihat informasi ukuran monitor beserta resolusi plus kepadatan pikselnya di situs Prismo.

#1 Tentukan Resolusi Monitor

Umumnya monitor dengan tipe ukuran resolusi 1080p punya dimensi resolusi 1920×1080 pixel. Monitor dengan resolusi sebesar ini kalau berukuran 23” sudah oke punya.

Nah, monitor yang berukuran 27” sebaiknya jangan di-set resolusi lebih dari 1080p. Kenapa? Karena ukuran pixelnya bakalan besar sekali. Ikon yang tampil di komputer jadi kelihatan jumbo. Atur agar resolusi monitor 27” jadi 256×1440 piksel, misalnya.

2# Pilih Tipe Panel Monitor

Ada tiga tipe panel monitor LCD, yakni:

  1. Twisted Nematic Panel, tipe panel ini paling cocok untuk bermain game PC. Bagi gamer, kecepatan response time dan refresh rate menentukan kualitas layar saat bermain. Nah, tipe panel ini punya nilai yang tinggi untuk kedua hal itu.
  2. Vercial Alignment Panel, paling sesuai untuk para seniman digital pemula. Tipe panel ini punya ketepatan tampilan warna yang lebih baik dari panel TN. Saat mengedit foto, ketepatan tampilan warna menentukan kualitas hasil cetak. Harganya juga tidak terlalu mahal, karena tipe panel ini punya sudut tampilan buruk kalau dilihat dari atas dan bawah monitor.
  3. In-Plane Switching Panel, wajib punya bagi seniman digital yang professional. In-Plane Switching Panel punya ketepatan warna paling oke, plus sudut tampilan yang sangat baik. Sayangnya tipe panel ini punya kecepatan response time dan refresh rate yang kurang, jadi tidak cocok untuk bermain game PC.

#3 Pilih Refresh Rate Yang Sesuai

Refresh rate yang paling tinggi ada di panel Twisted Nematic. Angka refresh rate yang tinggi sangat dibutuhkan untuk bermain game PC. Jika refresh rate monitor Anda adalah 60hz, maka Anda bisa bermain game PC dalam 60fps. Walaupun anda memiliki kartu grafis paling mahal hingga bisa bermain dalam 100fps, monitor anda Cuma mampu menampilkan 60fps saja.

Para gamer sebaiknya menggunakan monitor dengan 120hz. Monitor dengan refresh rate setinggi ini bisa menampilkan gambar paling halus bahkan bisa menampilkan nuansa 3D.

#4 Ada Fitur Anti Glare

Sering muncul pantulan sinar matahari saat melihat monitor? Artinya monitor anda belum dilengkapi dengan teknologi anti glare.

Teknologi ini dapat mengurangi silaunya pantulan sinar matahari saat Anda menggunakan komputer dengan terik sinar matahari di belakang atau samping Anda.

Anti glare tidak cocok untuk seniman digital, karena teknologi ini membuat gambar tidak terlihat tajam, dan sedikit blur.

#5 Perhatikan Tipe Konektornya

Konektor yang umum ada di monitor saat ini adalah konektor VGA dan HDMI. Jika anda punya kartu grafis jadul yang masih mendukung konektor DVI tanpa VGA ataupun HDMI, perhatikan konektor di monitor yang anda akan beli.

#6 Baca Ulasan Pengguna

Sebelum membeli monitor, tidak ada salahnya untuk melakukan riset terlebih dahulu di Internet. Cari dan baca situs-situs yang telah mengulas monitor yang menarik bagi Anda. Temukan monitor yang punya ulasan yang paling baik. Ulasan pengguna yang sudah membeli monitor itu adalah informasi yang jujur dan patut anda pertimbangkan.



#7 Ukuran Kedalaman Warna Panel

Kedalaman warna, atau biasa disebut dengan bit depth suatu monitor adalah  jumlah bit yang digunakan untuk menampilkan suatu warna di dalam setiap piksel di monitor.

Sesuaikan kemampuan kedalaman warna di kartu grafis Anda dengan monitor.

Jika kartu grafis Anda hanya mampu menampilkan sinyal 8 bit untuk kedalaman warnanya, maka jangan beli monitor dengan 10 atau 12 bit. Semakin tinggi nilai bit depth, maka monitor semakin memiliki kekayaan warna.

#8 Perhatikan Uniformity Compensation

Beberapa monitor punya fitur yang disebut dengan uniformity compensation. Fitur ini dapat menghapus area cerah/dim area pada layar dan menyeimbangkan kecerahan di setiap area. Beberapa monitor yang punya kualitas dan harga yang tinggi sudah dilengkapi fitur ini. Sedangkan yang lain tidak.

Monitor yang sudah dilengkapi fitur ini umumnya punya pilihan warna sRGB dan Adobe RGB. Cek aja monitor Anda, kalau ada pilihan warna seperti itu, artinya monitor Anda sudah ready to go.

#9 Ganti Stand Monitor

Sejumlah monitor yang dijual di indonesia, umumnya punya kaki-kaki/stand yang terlihat kuat. Namun sayangnya, pemakainya sering ceroboh. Masalah monitor yang jatuh karena guncangan pada stand monitor bisa sangat fatal.

Periksa di toko komputer kesayangan Anda apakah mereka menjual pilihan stand ekstra yang bisa dipasangkan ke monitor anda. Akan lebih baik jika monitor dipasang di dinding. Asalkan pemasangannya kuat, lho.