Smartphone 2 Jutaan dengan Kamera 48 Megapiksel dari Xiaomi

Spesifikasi smartphone yang paling duluan ditanyakan umumnya adalah kameranya. Berkat adanya aplikasi Instagram yang isinya penuh dengan foto dan video, para pengguna smartphone sangat mengutamakan kualitas kamera saat memilih smartphone baru. Ukuran megapiksel jadi acuan utama para konsumen.

Hari ini, Xiaomi perusahaan teknologi asal Cina merilis varian terbaru smartphone mereka, yakni Redmi Note 7 seharga 2 jutaan yang ternyata punya kamera 48 megapiksel! Wuih jarang-jarang ada smartphone harga segini punya kamera bagus, kan.

Xiaomi Note 7 punya ukuran layar yang mengikuti tren sekarang, yakni 6.7 inci. Lebih besar dari Redmi Note 6 Pro yang berukuran 6.26 inci saja, tapi juga lumayan besar untuk menonton video Youtube, ya. Apalagi dengan resolusi 1080, semakin detail gambar yang ditampilkan olehnya. Aspek rasio 19.5:9 sebenarnya tidak umum untuk video-video yang ada di Youtube, jadi nantinya gambar yang ditampilkan tidak memenuhi seluruh layar Anda.

Ada gradasi warna-warni di body belakang.

Prosesor di Xiaomi Note 7 mengalami peningkatan dari versi sebelumnya, kini ia dilengkapi dengan Snapdragon 660. Prosesor ini sudah cukup ‘nendang’ untuk memainkan game-game Android yang populer sekarang. Baterainya masih berukuran 4,000 mAh, sama saja dengan smartphone lain yang harganya mirip.

Sisi desain smartphone ini tidak berbeda jauh dengan Mi Play, varian lain smartphone Xiaomi yang dirilis bulan Desember 2018 lalu. Body belakangnya dihiasi dengan gradasi warna-warni yang sedang trending. Sensor fingerprint juga masih diletakkan di tengah body belakang. Namun kameranya ini yang baru, Xiaomi Note 7 punya dual kamera, satunya berspesifikasi 48 megapiksel dengan lensa f/1.8, satunya lagi hanya 5 megapiksel untuk mengukur depth supaya konsumen bisa memotret dengan efek bokeh.

Warna hitam sepertinya masih jadi favorit saya.

Sebelumnya, Xiaomi Note 6 Pro punya port micro-USB, sekarang diganti dengan USB-C. Port yang sudah umum ada di smartphone lain, yang memang lebih difavoritkan ketimbang micro-USB. Ada juga headphone jack, yang masih dibutuhkan oleh konsumen Xiaomi. Entah kenapa Xiaomi belum juga mempopulerkan Bluetooth audio seperti Apple dengan iPhone X yang sudah tidak menggunakan headphone jack lagi.

Xiaomi Redmi Note 7 baru dirilis di India, mungkin beberapa bulan lagi akan masuk ke Indonesia. Wah, harus siap-siap jual ponsel lama, nih!