5 Situs Belajar Pemrograman dengan Metode Game yang Asik dan Seru

Tahukah Anda bahwa di negara Bangladesh, anak-anak sekolah sudah diperkenalkan untuk belajar pemrograman? Sedangkan Anda masih ragu, malas, atau bahkan takut belajar pemrograman? Masa kalah sama anak sekolah?

Belajar pemrograman adalah sebuah proses belajar untuk menulis, menguji dan memperbaiki program komputer. Memang jika Anda menonton film-film yang menampilkan seseorang membuat program, terlihat rumit dan membingungkan. Kenyataannya tidak, lho.

Jika Anda berminat ingin membangun sebuah aplikasi, tentu Anda harus belajar pemrograman. Pemrograman bisa Anda pelajari lebih mendalam dengan menempuh bangku kuliah jurusan yang berkaitan dengan komputer atau secara otodidak dari buku dan tutorial di Internet.

Membuat sebuah program komputer juga bisa dipelajari dengan cara mudah melalui banyak metode. Salah satunya adalah dengan bermain game.

Situs-situs berikut ini akan memudahkan dan menjadikan belajar pemrograman menjadi aktifitas yang seru dan menyenangkan dengan game-game yang menarik.

#1 Codin Game

codingame

Game ini berada di tingkat menengah, terdapat banyak jenis game yang dapat kamu mainkan. Selain itu, terdapat 26 bahasa pemrograman yang dapat kamu pilih.

Ada banyak tantangan yang bisa kamu temui di game ini. Kamu dapat mempelajari pemrograman dengan cara yang mengasyikkan dan tentunya gratis.

#2 Code Combat

codecombat

Game ini cocok bagi kamu yang masih pemula, terdapat tingkat pendidikan yang dapat kamu pilih mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, hingga Mahasiswa.

Terdapat 6 bahasa pemrograman yaitu Phyton, Java, Javascript, Lua, CoffeeScript, dan VB.Net

Game yang berbasis petualangan ini menyajikan berbagai macam tantangan, dan juga dapat kamu mainkan secara gratis.

#3 Code Monkey

codemonkey

Game yang menggunakan bahasa pemrograman CoffeeScript ini didesain khusus untuk pemula dan anak-anak.

Permainan sederhana yang menceritakan seekor monyet ini, memiliki beragam tantangan sederhana yang membuat belajar pemrograman menjadi makin seru. Namun, Anda harus mendaftar dulu dan memiliki akun untuk dapat bermain game ini.

#4 CheckIo

chekio

Ada 2 bahasa pemrograman yang dapat kamu pelajari disini yaitu Phyton dan JavaScript. Game ini didesain untuk Developer, dengan memiliki berbagai macam tantangan dan pemecahan masalah dalam algoritma yang kamu buat sendiri.

Ditambah grafis yang menakjubkan dan penuh warna, membuat kamu tidak akan bosan bermain game ini, kok.

#5 Tynker

tynker

Game yang ditujukan untuk anak-anak ini khusus bagi kamu yang pemula, disini kamu akan diajarkan bagaimana cara membuat algoritma dan mengaplikasikannya menjadi sebuah bentuk gerakan.

Game ini khusus bagi kamu yang benar-benar ingin mengetahui bagaimana aplikasi game dibuat dan mendesain sebuah game.Tersedia di android dan appstore.

Untuk bisa bermain game ini kamu harus mendaftar dan dapat dimainkan dengan gratis.

Terdapat 3 level dalam game ini yaitu beginner, advance, dan intermediate. Pilihan bahasa pemrogramannya hanya ada 2 yaitu phyton dan javascript.

Dengan adanya game ini, kamu tak perlu lagi pusing dalam belajar memahami pemrograman. Bermain adalah cara belajar yang menyenangkan bagi pemula, apalagi jika gamenya dikemas secara menarik.