Sejarah Youtube dari Masa ke Masa

Perusahaan Youtube, sebuah situs berbagi video yang paling populer di dunia dan tidak ada pesaingnya hingga saat ini. Saking populernya, seluruh pengguna Youtube mengunggah video hingga durasi sebanyak 72 jam per menit dan mereka menonton 4 juta jam video setiap bulannya. Angka yang jauh melebihi pencapaian sebuah stasiun televisi.

Youtube memberikan beragam akses dan kemudahan untuk pada penggunanya dalam menggunakan layanan yang diberikan. Setiap kemudahan itu juga tidak dibuat main-main, hampir di setiap tahun selalu ada perbaikan dan program-program baru yang ditawarkan oleh Youtube. Dulu, kita hanya bisa menonton Youtube melalui browser, namun kini kita dapat menikmati menonton video musik di perangkat tablet dan smartphone.

Penantian ketika pesawat datang selama di bandara tak lagi membosankan.

Munculnya Ide Membangun Youtube

Tahun 2005 lalu adalah tahun dimana pengguna Internet sedang menikmati kehebohan berbagi foto dan konten. Saat itu, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk merekam momen spesial bersama keluarga ke dalam bentuk video. Namun sayangnya tidak ada media yang bisa memberikan akses kepada mereka untuk saling berbagi video satu dengan yang lain. Setahun sebelum Youtube lahir, sejumlah karyawan Paypal, yakni Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim makan malam bersama dan kemudian mereka memutuskan untuk bekerja sama membangun sebuah situs berbagi video dimana pengguna dapat mengunggah, mengunduh, dan menonton video. Inilah awal dimana sejarah Youtube dimulai.

founder perusahaan youtube

Tiga Founder Youtube: theodysseyonline

Kantor Pertama

Tak lama kemudian, pada tanggal 14 Februari tahun 2005 (hari Valentine tahun itu), nama domain www.youtube.com resmi muncul di Internet. Ketiga sahabat ini menjalankan bisnis baru mereka di sebuah pizzeria dan restoran Jepang di Mateo, California. Lambat laun jumlah karyawan semakin meningkat, alat kantor semakin banyak, dokumen menumpuk hingga kemudian akhirnya mereka memutuskan untuk pindah dari tempat itu.

kantor pertama youtube

Kantor Pertama Youtube: cotemedia

Situs Youtube Beta Lahir

Terkadang, sebuah permulaan memang tak memiliki keadaan yang terbaik. Tak terkecuali Youtube, tampilan awal halaman depan situsnya sangat biasa dan tak menarik. Begini tampilan halaman depan situs Youtube pertama kali sejak diluncurkan.

tampilan sejarah youtube pertama

Tampilan Pertama Youtube: techcrunch

Kelihatan sederhana sekali ya? Jadi, jika Anda memiliki sebuah situs yang baru berjalan dan memiliki tampilan halaman depan yang biasa saja, jangan khawatir. Youtube saja tampilannya sesederhana ini.

Video Pertama Youtube

Pada awalnya, tentu tidak ada orang yang mengenal Youtube. Sehingga belum ada satupun video yang diunggah oleh orang lain selain oleh founder Youtube itu sendiri. Video pertama yang diupload di Youtube berjudul Me at the Zoo. Video ini diunggah pada tanggal 23 April tahun 2005. Simak video pertama Youtube itu di bawah ini.

Video tersebut memperlihatkan salah satu founder Youtube, Karim, sedang berdiri di depan seekor gajah. Karim tampak menjelaskan kepada penonton mengenai gading gajah tersebut. Video ini direkam di sebuah kebun binatang di San Diego. Tak lama kemudian, pada bulan November tahun 2005, pengguna Internet telah menggunakan lalu lintas jaringan Youtube dengan ukuran data sebesar 8 terabyte. Ini sama dengan jumlah ukuran file seluruh film blockbuster di sebuah toko rental film.

Berawal dari satu video pendek hingga menjadi jutaan video ribuan jam lainnya.

1 Juta Penonton Pertama

Pada bulan Septembar tahun 2005, sebuah video iklan untuk perusahaan Nike menjadi video pertama yang telah ditonton sebanyak 1 juta kali di Youtube. Video tersebut memperlihatkan seorang pemain bola, Ronaldinho, sedang menerima sepasang sepatu emas. Pada waktu itu, video ini sangat menarik banyak perhatian pengguna Internet.

Hak Cipta Menjadi Perhitungan

Sebelum menjadi terkenal, seluruh video yang diunggah di Youtube tidak dilindungi hak cipta. Namun pada bulan Oktober tahun 2007, Youtube meluncurkan sebuah kebijakan baru, yakni Content Verification Program. Program ini dikhususkan untuk membantu pemilik asli dari suatu video yang telah diunggah untuk melacak dan menghapus video-video lain yang melanggar hak cipta mereka. Sebelum program ini diluncurkan, National Broadcasting Company (NBC) meminta Youtube untuk menghapus sebuah video yang memperlihatkan cuplikan adegan di acara Saturday Night Live, Lazy Sunday. Video tersebut memunculkan perhatian masyarakat terhadap situs berbagi video ini.

youtube copyright

Oleh karena sebab itulah, perusahaan Youtube mulai memberikan perhatian lebih terhadap hak cipta di setiap video yang diunggah oleh penggunanya. Jika Anda mengunggah sebuah video dengan latar belakang musik yang memiliki hak cipta, Anda harus bersiap-siap jika nanti video Anda ditonton tanpa adanya suara. Ini adalah salah satu contoh bagaimana dalam sejarah Youtube, perusahaan ini sangat mengawasi dengan ketat masalah hak cipta.

Akuisisi Youtube oleh Google

Raksasa teknologi dunia, perusahaan Google, membeli Youtube seharga $1,65 juta. Harga itu sekitar 15 trilyun rupiah. Google mengatakan bahwa ini adalah “langkah selanjutnya untuk evolusi Internet.” Pada saat itu, Youtube hanya terdiri dari 65 orang karyawan. Youtube akhirnya pindah kantor ke San Bruno, California sejak diakuisisi. Akuisisi oleh Google sangat jelas memberikan dampak langsung terhadap kesuksesan Youtube.

Penghasilan dari Perusahaan Youtube

Pada bulan Mei tahun 2007, perusahaan Youtube meluncurkan Partner Program yang dikhususkan agar pengguna bisa memperoleh uang dari video-video yang mereka unggah di Youtube. Ini merupakan langkah baru di dalam sejarah Youtube dalam bisnis berbagi video di dunia.

Partnership – Layanan Video Musik Vevo

Salah satu hal yang menarik dalam sejarah Youtube adalah kerjasam dengan industri musik. Pada bulan April tahun 2009, Youtube dan Vivendi bekerja sama untuk membangun sebuah layanan video musik, Vevo. Sebelumnya, Youtube memiliki masalah terkait banyaknya video-video musik yang melanggar hak cipta tersebur di situs mereka. Berkat kerjasama ini, Vevo memiliki keleluasaan untuk mendistribusikan video musik mereka di Youtube dan Youtube tetap dapat menyediakan video-video musik tersebut untuk para pengguna.

vevo screenshot

Vevo: 148apps

Sejarah Youtube Live

Bisnis siaran langsung dijajaki oleh Youtube pada bulan April tahun 2011. Program Youtube Live memberikan akses kepada pengguna untuk menyiarkan video mereka secara langsung kepada pengguna lain. Langkah perusahaan Youtube ini turut diikuti oleh Facebook, sehingga Anda bisa menonton aktifitas salah satu teman Facebook Anda saat itu juga dengan menggunakan Internet.

Video Paling Banyak Ditonton

Video apakah yang paling banyak ditonton di perusahaan Youtube? Sepanjang sejarah Youtube, ada sebuah video karya musisi PSY dengan judul Gangnam Style. Video tersebut adalah video musik paling terlaris dan paling sering ditonton oleh pengguna Youtube. Video ini berhasil ditonton hingga 2 milyar kali sejak pertama diunggah pada tanggal 15 Juli tahun 2012 lalu.