NVidia vs AMD: Mana Kartu Grafis Terbaik untuk Anda?

Kalau mau punya komputer dengan julukan komputer spek dewa, artinya ada komponen yang oke punya sampai-sampai julukannya ‘wow’ seperti itu. Selain processor, RAM, dan hard disk, komponen lain yang menentukan performa dewa adalah kartu grafis. Ada dua vendor kartu grafis yang bersaing layaknya Apple dan Samsung, NVidia vs AMD. Siapa vendor yang paling juara?

NVidia, kartu grafisnya terkenal dengan warna-warna hijau hitam yang gaul. Sedangkan AMD, terkenal dengan warna merah hitam yang futuristik dan berani.

Masalah warna memang ga ada hubungannya dengan performa, tapi entah kenapa warna hijau hitam lebih unik bagi saya. Makanya kotaknya NVidia lebih menarik perhatian saya.

Ah, ini cuma masalah preferensi warna. Sekedar unik saja.

Saat disandingkan dua kartu grafis ini, seringkali muncul pertanyaan: “Mana yang lebih bagus?”, “Kalau yang ini cocok ngga dengan motherboard saya, ya?”, “Wah yang ini memorinya lebih besar dan harganya lebih murah, tapi kok sepi pembeli?”

Serta pertanyaan-pertanyaan membingungkan lainnya.

Menurut Jon Peddie Research, profit penjualan perangkat kartu grafis di tahun 2017 mencapai angka $30 juta dolar. Artinya, membeli komponen ini sudah menjadi hal yang wajib bagi orang-orang pemakai IT.

Di kota saya dibesarkan, AMD terasa asing. Kami lebih familiar dengan kotak hijau hitam NVidia. Ada yang bilang disini NVidia lebih laku, di seluruh dunia pun pasti begitu.

Dilansir dari Fool, ada akhir tahun 2016 menjadi awal kembalinya popularitas AMD dengan market share mencapai 29.5% untuk entry-level. Jadi, AMD dan NVidia sudah bisa disandingkan sejajar.

Sama-sama kuat.

Setelah membaca beberapa artikel dan tanya sana-sini, ada beberapa poin penting yang memang kontras antara NVidia dan AMD.

Harga Keduanya Saling Bersaing

amd pc

Ada kesalahan persepsi sebagian konsumen, mereka mengatakan bahwa kartu grafis AMD lebih murah dari NVidia. Salah besar.

Menurut TechRadar, di pasaran, harga NVidia GeForce 980Ti tidak jauh berbeda dengan AMD R9 Fury X. Bahkan ada beberapa penjual yang melepas harga AMD lebih mahal.

Harga setiap seri kartu grafis bervariasi, performanya pun ada yang bagus untuk game ada juga yang khusus untuk kantoran aja.

Anda sedang ingin membeli kartu grafis? Saran saya, sebelum menentukan pilihan kartu grafis Anda, cek ulasan kartu grafis dengan harga serupa di internet.

Malas mencari tahu nanti bisa merugi doku.

Performa AMD Kalah di Kecepatan Memori

amd box

Menurut PC Gamer, kartu grafis andalan AMD punya kecepatan memori yang 7 kali lebih lambat dari NVidia Titan X, kartu grafis andalan mereka. Tujuh kali lebih lambat.

Mereka juga bilang, kalau masalah texture mapping unit, NVidia Titan X tidak punya saingan.

Texture Mapping Unit adalah bagian dari kartu grafis, fungsinya untuk mengubah rotasi, mengubah ukuran, dan menyesuaikan distorsi sebuah gambar bitmap. Komponen ini penting sekali untuk menampilkan karakter game yang banyak bentuk lancipnya.

G-Sync NVidia dan Freesync AMD untuk Screen Tearing

nvidia box

NVidia punya teknologi G-Sync. Teknologi ini bisa mengadaptasi refresh rate monitor Anda dengan game PC untuk menghindari fenomena ‘screen tearing’.

Apa lagi itu screen tearing? Menurut saya Anda pasti sering lihat, kok. Itu adalah sebuah fenomena dimana tampilan layar monitor seperti ‘terpotong’, jagat raya dunia maya menyebutnya screen tearing.

AMD juga punya teknologi serupa khusus untuk menghindari screen tearing, namanya Freesync. Jadi, keduanya sama-sama punya teknologi untuk mengatasinya.

AMD ini cukup baik hati, karena teknologi Freesync ini sifatnya terbuka, jadi banyak monitor yang bisa pangkas harga penjualannya berkat kebaikan AMD. Makanya screen tearing jarang dijumpai di monitor-monitor keluaran terbaru (apalagi yang mahal).

Model Helaian Rambut di Teknologi PhysiX dan TreesFX

devil may cry

Selain Freesync, AMD juga membuat teknologi lainnya menjadi open source, seperti TreesFX Hair Physics. Teknologi ini bersaing dengan NVidia HairWorks. Kedua teknologi ini khusus untuk memanjakan mata gamer dengan helaian rambut karakter.

Anda pernah memainkan game Devil May Cry? Saya terkesima sekali dengan rambutnya si Dante di PlayStation 3. Sebagai penggemar Devil May Cry dari era PlayStation 1, karakter Dante dibuat makin keren di PlayStation 3.

Rambutnya seindah rambut model iklan shampoo Sunsilk.

Sejumlah Perangkat GTX 970 NVidia Tak Sekencang Saudaranya

nvidia chip

Diberitakan di NVidia, ada beberapa penjualan GTX 970 yang sepertinya performanya kok kurang. Pihak NVidia udah minta maaf, sih. Tapi tetap aja.

Penjelasan NVidia, mereka lagi bikin sebuah arsitektur memori dengan nama Maxwell. Arsitektur memori ini membuat GTX 970 jadi punya RAM lebih dari 3GB, alias 4GB.

Nambah satu giga aja jadi heboh seantero jagat.

Memang, sih. Banyak orang mengira kalau kartu grafis punya memori banyak, pasti lebih kencang dari kartu grafis dengan memori yang lebih sedikit. Well, ini tidak sepenuhnya benar.

Selain jumlah memori, masih banyak faktor lain yang menentukan kecepatan kartu grafis. Nanti kapan-kapan kita bahas.

Kesimpulan

Memilih kartu grafis NVidia ataupun AMD memang gampang-gampang susah. Setiap produk yang mereka punya, ada keunggulan dan ada kelemahannya.

Masalahnya apakah produk mereka ini cocok atau tidak dengan komputer kita, dan cocok atau tidak dengan pekerjaan kita.

Anda membeli kartu grafis untuk hemat daya, tapi dipakai untuk main game PC seharian. Siapa yang salah?

Jadi siapa yang lebih baik NVidia atau AMD? Yuk simak video di bawah ini untuk tahu lebih jelas.

Keduanya sama-sama oke, dan sama-sama punya ketidak-OKE-an. Jika Anda ingin membeli kartu grafis, jangan terburu-buru, baca artikel produk mereka dan lihat ulasan pembeli.

Apa merk kartu grafis yang Anda punya? Kami akan sangat senang jika Anda memberikan ulasan singkat kartu grafis yang Anda pakai saat ini di kolom komentar.

Featured Image: Lifehacker