Kamera Mirrorless vs Kamera DSLR, Mana Yang Lebih Baik?

Punya kamera keren dan mahal memang bisa bikin kamu jadi idola di media sosial. Kamu bisa punya kumpulan foto yang banyak di-like, ribuan follower di Instagram, atau bahkan di endorse sama online shop musiman. Kalau mau punya foto yang bagus, udah jelas harus punya kamera yang bagus, dong.

Memilih kamera yang bagus antara DSLR atau mirrorless bukan segampang memilih pakaian dalam di Ramayana. Selain harus tahu bedanya antara dua jenis kamera ini, kamu juga harus tahu kelebihan dan kekurangan mereka. Saya akan jelaskan sejelas-jelasnya di artikel ini sampai kamu bisa yakin jenis kamera mana yang cocok sama kamu.

Kamera DSLR itu Apa Sih?

Kamera DSLR adalah kamera yang punya bentuk bungkusan yang sama dengan kamera film 35mm yang klasik itu. Body kamera membungkus sebuah cermin yang merefleksikan cahaya ke dalam lensa menuju suatu prisma supaya kamu bisa memantau seperti apa tangkapan kamera kamu nanti.

Harga kamera DSLR untuk pemula sekitar lima juta rupiah sudah cukup untuk jadi awal langkah kamu jadi seorang fotografer. Jangan beli yang terlalu mahal sebelum kamu sudah benar-benar mahir.

Gimana dengan Kamera Mirrorless?

Kalau di kamera mirrorless, cahaya langsung tembus lewat lensa menuju sensor gambar dan langsung diperlihatkan di layar belakang kamera. Berbeda dengan DSLR yang ada prismanya, atau ada cerminnya. Makanya kamera ini disebut mirrorless camera.

Ngomong-ngomong, Fujifilm adalah brand kamera mirrorless yang lagi booming akhir-akhir ini. Brand ini udah jadi brand kamera mirrorless terbaik untuk pemula dengan harga miring yang bisa kamu dapatkan.

Mana yang ukurannya lebih pas?

Kamera mirrorless punya konstruksi elemen yang lebih sederhana ketimbang DSLR. Makanya kamera mirrorless lebih kecil dan tipis daripada DSLR. Buat kamu yang malas menggantung kamera besar di leher sampai nyeri, kamera mirrorless udah pas buat dibawa kemana-mana.

Kalau buat foto objek yang bergerak cepat, mana yang lebih oke?

Kamera DSLR punya kecepatan autofocus yang lebih baik dari kamera mirrorless. Teknologi autofocus sangat penting untuk memotret objek yang bergerak cepat seperti fotografi olahraga atau hewan di hutan. Kalau kamu nggak punya hobi fotografi olahraga atau memotret hewan, mending beli kamera mirrorless aja.

Mana yang punya tampilan gambar preview yang lebih baik?

Saat memotret di cahaya yang terang, kamera DSLR dan kamera mirrorless akan menampilkan gambar preview yang sama bagus dan sama persis dengan aslinya. Namun saat di cahaya redup, kamera DLSR punya tampilan preview yang jauh lebih baik. Kenapa? Komponen optical viewfinder di DSLR paling mampu menampilkan gambar preview ketimbang komponen optical viewfinder yang elektronik di kamera mirrorless.

Buat merekam video, mirrorless lebih baik ya?

Ya, kamera DSLR nggak bisa pake teknologi phase detection dengan optimal untuk merekam video, DSLR pake phase detection yang lambat dan kurang akurat. Sedangkan kamera mirrorless punya teknologi autofocus yang mantap dan paling pas buat kamu yang mau bikin Vlog.

Baterainya kamera DSLR lebih tahan lama nggak?

Memang kamera DSLR punya baterai yang lebih tahan lama, soalnya mereka nggak pakai LCD saat memotret atau merekam gambar. Tapi kalau kamu sering pakai LCD-nya, sama aja tahan lama baterainya.

Lensa kamera Mirrorless nggak banyak macam, ya?

Nggak juga. Semakin hari semakin banyak produsen lensa yang rame-rame nambahin varian lensa di kamera mirrorless. Jadi untuk yang satu ini, kedua kamera sama-sama oke, kok.

Jadi mana yang lebih baik nih? Mirroless atau DSLR?

Saya lebih menyukai kamera mirrorless karea beberapa hal, yakni

  1. Kameranya ringan dan muat di kantong-kantong kecil di tas saya.
  2. Saya nggak tertarik mempelajari ilmu fotografi yang ribet supaya bisa mengoptimalkan kamera DSLR.
  3. Karena teknologinya terbaru dan saya memang tech geek yang penasaran sama hal-hal teknologi yang baru.

Kalau kamu memang hobi fotografi dan pengen memulai profesi di dunia itu, kamera DSLR seudah seharusnya jadi tool utama. Tapi kalau fotografi cuma sekedar hobi sampingan dan iseng buat dipamerin di Instagram, kamera mirrorless adalah pilihan paling simpel.