Ini 9 Alasan Sebaiknya Anda Jangan Jadi Youtuber

Anda pasti sering lihat iklan yang nongol sebelum video Youtube dimulai. Iklan itu udah jadi lahan penghasilan buat banyak orang. Sebutan mereka Youtuber. Makanya banyak orang juga kepengen ikutan jadi Youtuber. Cuma apa iya pasti jadi kaya? Apa iya sebaiknya kita ikutan?

Anda bukanlah satu-satunya orang yang pengen jadi Youtuber dan cepat kaya. Rekan-rekan saya yang udah mulai merintis karir jadi Youtuber butuh waktu berbulan-bulan sebelum sadar bahwa mereka ga cocok kerja disitu.

Saya akan kasi tau Anda semua mengapa jadi Youtuber itu ga enak, susah, dan merepotkan. Kenapa gitu? Well, Banyak alasannya.

 

#1 Anda Punya Jutaan Pesaing

Orang yang mau kaya lewat youtube bukan cuma anda. Ada jutaan orang di luar sana yang sedang sibuk upload video ke Youtube. Anda merasa video anda yang paling bagus? Ada jutaan video yang lebih bagus lagi yang akan jadi saingan berat anda.

 

#2 Kemungkinan Besar Video Anda Tak Laku

Kok bisa yakin ga laku? Sekarang jawab, Anda punya modal apa bikin video? Duit? Hape? Kamera? Sudah punya skill pengambilan gambar? Ada banyak Youtuber lain yang punya skill tinggi tapi videonya sepi penonton. Anda udah merasa jago edit video? Berapa Anda bayar aplikasi editing itu? Jangan-jangan aplikasi bajakan, ya.

 

#3 Porsi Untuk Anda di Iklan Cuma Sebagian

Tahu ga sih kalau uang Youtuber itu berasal dari iklan? Sang pemilik iklan akan membayar Anda dan Adsense jika iklan mereka dilihat viewer. Kalau inventaris iklan di Adsense menghasilkan $100, maka Anda bisa mendapat $68.

Dengan kata lain, kalau iklan di channel Anda menghasilkan 1 juta rupiah untuk adsense, anda cuma dapat bagian 680 ribu saja. Jiah.

 

#4 Kehidupan Anda Akan Berubah

Sama kayak jadi selebritis di tv. Kalau udah jadi youtuber yang punya penghasilan, artinya banyak orang udah nonton video-video anda, artinya orang udah pada kenal wajah anda. Anda akan dituntut bikin video lagi dan lagi. Viewer tahunya ada video baru atau ga. kalau ada ya ditonton, Kalau ga ya unsubscribe.

Bodo amat kalau anda pengen cuti nikah atau sunat. Video kalian ga ada, penonton mundur teratur.

 

#5 Dilarang Pakai Lagu Orang di Video

Video yang Anda upload di Youtube tidak boleh diisi dengan lagu yang punya hak cipta gratisan. Walaupun sudah mencantumkan info lagu seperti penyanyi asli, label, dsb. Anda tetap dikenakan hukuman kalau ketahuan lagunya punya orang. Apa hukumannya? Video Anda dibikin mute sama Youtube.

 

#6 Modal Besar untuk yang Pengen Serius

Berapa harga komputer dengan spek yang pas buat edit video? Berapa harga kamera yang hasil rekamannya bagus? Berapa biaya properti yang anda pakai selama merekam video? Semua perlu modal yang ga murah kalau mau bikin video yang berkualitas.

 

#7 Iklan Dicabut? Habislah Sudah

Jika Youtube memutuskan untuk tidak lagi menayangkan iklan di channel Anda, Anda tidak lagi punya penghasilan. Selesai, tamat. Cicilan motor ga bisa lagi Anda lanjutkan. Niat bangun rumah lagi-lagi ditunda. Anda tidak bisa menuntut apapun ke Youtube.

 

#8 Butuh Kerja Sama dan Kerja Keras

Bikin video di Youtube ga bisa kerja sendiri. Kalau Anda lihat Youtuber yang kayaknya kerja sendiri bisa kaya, itu salah.Youtuber paling terkenal, PewDiePie yang kalihatannya kerja sendiri itu ternyata punya perusahaan di belakangnya, yaitu Machinima.

 

#9 Aturan Youtube Sangat Ketat

Banyak orang mengabaikan Policies di Youtube. Ada aturan-aturan yang harus dipatuhi para Youtuber tertera disana. Sebelum memutuskan mencari nafkah disini, sebaiknya baca aturan itu baik-baik supaya Anda ga panik selama jadi Youtuber.

Youtube sangat ‘strict’ dalam mengelola akun-akun Youtuber supaya mereka punya kualitas yang baik. Setiap viewer berhak melaporkan akun Youtube jika mereka merasa akun ini ga asik. Jadi jika Anda memang pengen sukses jadi Youtuber, membaca kebijakan Youtuber terbaru tahun ini sangat disarankan.