9 Google Chrome Extension Terbaik untuk Mahasiswa

Google Chrome, salah satu browser paling populer yang punya koleksi extension yang banyak banget. Extension adalah program tambahan yang punya kemampuan lebih dari browser itu sendiri. Beberapa dari Chrome extension di sana punya fitur-fitur yang unik dan oke punya. Kalau Anda adalah seorang pengguna setia Google Chrome, deretan Chrome extension ini wajib Anda coba!

#1 TickTick

ticktick

Mau bikin catatan sambil kuliah? Chrome extension ini bisa membantu Anda. Apapun yang Anda tulis di sini akan tersimpan di Internet. Anda bisa menulis daftar pekerjaan Anda saat dikejar deadline, saat diomeli atasan, bahkan saat naksir teman sekantor. Anda juga bisa menulis catatan-catatan pekerjaan Anda. Anda bisa mengakses di PC, di iOS dan Android. Tidak perlu khawatir akan ada orang lain yang melihat catatan Anda. Seluruh curhatan tersimpan aman sentosa di TickTick.

#2 Momentum

momentum

Momentum adalah software untuk mereka yang butuh inspirasi. Hampir seluruh fitur di Chrome extension ini dikhususkan untuk meningkatkan produktifitas. Selain menampilkan tulisan inspiratif, ada juga foto-foto yang menenangkan jiwa, dan perkiraan cuaca. Saya menggunakan aplikasi ini untuk beristirahat di sela-sela bekerja agar otak ga kecapean. Saya menyukai Chrome extension ini selain karena fiturnya, aplikasi ini juga hemat memori RAM komputer saya.

#3 Grammarly for Chrome

grammarly

Menulis dalam bahasa Inggris memang gampang-gampang susah. Apalagi kalau Anda masih amatiran dengan yang namanya Simple Past Tense dan lain sebagainya. Tugas kuliah harus dalam bahasa Inggris? Ga perlu pusing. Aplikasi Grammarly akan memeriksa tenses di tulisan bahasa Inggris Anda yang membingungkan itu. Saat mengirim e-mail, chat di Facebook, nge-twit di Twitter, bahkan posting di Tumblr, Grammarly akan jadi ahli bahasa Inggris andalan Anda.

#4 LastPass

lastpass

Sering lupa password? Udah bosan dengan link Forgot Your Password di situs-situs favorit Anda? Aplikasi LastPass akan menyimpan seluruh password Anda dan menguncinya dengan satu buah password utama. Ketika Anda ingin login ke situs kesayangan Anda, LastPass akan mengaktifkan fitur auto login supaya Anda tidak perlu repot-repot mengetik username dan password bertubi-tubi.

#5 MightyText

mightytext

Akhir-akhir ini banyak kasus perselingkuhan karena media sosial. Nah, aplikasi ini paling cocok buat Anda yang sedang memadu kasih, karena aplikasi ini bisa membantu mereka memantau kegiatan pasangannya. MightyText adalah aplikasi yang awalnya dikhususkan supaya pengguna Android bisa mengirim SMS lewat PC atau Mac. Seiring berkembangnya teknologi, aplikasi ini bisa menerima notifikasi Android juga. Jadi “kesayangan” Anda sms-an dengan “entahlah siapa”, Anda juga mendapatkan sms-nya.

#6 Awesome Screenshot

awesome screenshot

Ask browsing dan akhirnya menemukan halaman Web yang dicari? Daripada Anda menyimpannya sebagai file HTML atau PDF, lebih baik di screenshot saja. Ukuran file jauh lebih kecil. Awesome Screenshot akan merekam halaman Web yang Anda inginkan sepenuhnya. Tanpa ada potongan seperti menggunakan Print Screen milik Windows. Selain merekam halaman Web, aplikasi ini juga bisa merekam aktifitas di layar sebagai video, lho!

#7 ImTranslator

imtranslator

Ada sebuah Chrome extension yang punya fitur lebih jago dari Google Translate. ImTranslator bisa mentranslasikan teks yang sudah diseleksi, bahkan halaman Web sekalipun. Chrome extension ini mampu mentranslasikan ke dalam 91 bahasa! Selain melakukan translasi bahasa, Anda juga bisa belajar mengucapkan bahasa asing dengan ImTranslator. Ada fitur voice translation yang akan mengajari Anda bagaimana caranya mengucapkan suatu kata dalam bahasa yang Anda inginkan.

#8 Floating for Youtube

floating

Kecanduan nonton bola di Youtube? Saat browsing tugas kuliah, pengen sambil streaming pertandingan bola di Youtube? Bisa! Aplikasi Floating for Youtube akan menampilkan video Youtube di Google Chrome saat Anda browsing. Layar Youtube bisa Anda posisikan sesuai keinginan tanpa khawatir ketinggalan momen gol-gol klub kesayangan Anda.

#9 Honey

honey

Anda yang doyan belanja online wajib punya Chrome extension yang satu ini. Situs jual beli online umumnya akan memberikan diskon ke konsumen yang punya kode kupon belanja. Anda bisa belanja lebih hemat! Honey akan menemukan dan memberikan kupon belanja kepada Anda secara otomatis. Saat belanja, klik tombol Honey ketika akan melakukan pembayaran, dan kode kupon belanja Anda akan otomatis muncul. Praktis-tis!