GMail vs YMail: Layanan Email Mana yang Terbaik?

Fans Google bertanya-tanya, “Emangnya masih ada orang pake Yahoo Mail, ya? Kan Yahoo udah dijual.” Kemudian pecinta Yahoo menjawab, “Yahoo lebih tua dari Google, pasti lebih aman dong.” Perdebatan berlangsung sengit dan tak kunjung selesai walau udah adzan maghrib. Kenapa banyak orang memilih GMail, dan kenapa masih ada yang setia dengan YMail? Berikut ulasan tentang kelebihan dan kekurangan kedua layanan email terpopuler itu, GMail vs YMail.

#1 GMail Punya Hangout, YMail punya Yahoo Messenger. Tapi…

Kalau semua karyawan di kantor Anda sudah pakai GMail, selain mudah kirim-terima email, Anda juga mudah komunikasi dengan karyawan lain dengan Google Hangout.

Kalau buka GMail lewat browser, akses Hangout bisa langsung di tab yang sama dengan GMail Anda. Lain hal dengan Yahoo Mail, mau chat harus buka aplikasi Yahoo Messenger.

Jadi dengan GMail, kita bisa komunikasi dengan chat sekaligus e-mail. Sungguh serakah.

Anak muda sekarang pasti bingung. Apa pula itu Yahoo Messenger?

Mereka juga akan mangap kalau ditanya apa itu MIRC.

#2 Ukuran File Attachment 20MB dari GMail

GMail memberikan akses kirim file attachment sebesar 20MB untuk versi gratisan mereka, sedangkan YMail Cuma 10MB. Sungguh batasan yang merepotkan bagi orang kantor.

Email sudah jadi media alternatif untuk kirim file gambar. Salah seorang rekan kerja yang mengirim gambar lewat YMail, mengeluh, karna emailnya tak bisa dikirim. “Kalau masukin file, ga bisa dikirim emailnya. Tapi kalau ga masukin file, bisa terkirim emailnya. Kenapa ya?”

File gambar yang ia kirim sebesar 11MB. File ini adalah hasil scan resolusi tinggi sebuah surat perjanjian kerja. Wajar aja YMail ga mau ngirim. Dia maunya yang 10MB aja.

#3 Kita Bisa Simpan File 1TB di YMail

Ini fitur paling yahud buat saya yang suka menyimpan email berisi attachment. Email yang isinya file Ms. Word, Excel, dan Power Point selalu saya simpan di email.

Jaga-jaga kalau file-nya hilang di komputer, masih ada cadangan.

Kebayang, kan. Kalau ada file laporan Anda yang penting dan harus segera di-print. Tiba-tiba komputer error dan file itu hilang. Bos murka, bonus pun sirna.

YMail memberi 1TB untuk ukuran batas penyimpanan, sedangkan GMail hanya 15GB.

Kalau Anda ingin menambah, misal 100GB, Anda harus bayar $2 per bulan. Anda bisa nambah sampai 30TB, dengan merogoh saku $300 per bulan.

Murah.

#4 YMail Pernah Kena Hack

Tahukah Anda, pada tahun 2014 lalu, Yahoo pernah kena serangan hacker. Sejumlah kurang lebih 500 juta akun Yahoo telah dibobol.

Wuih, 500 juta. Populasi manusia di negeri kita aja cuma 250 juta.

Sebuah laporan dari BGR mengatakan, bahwa sebenarnya hacker tidak membobol 500 juta akun tersebut dalam satu waktu. Mereka melakukannya bertahap, dan sebenarnya, Yahoo bisa menghindari agar hal ini tidak terjadi.

Sedangkan Google, belum pernah sekalipun saya mendengar berita kalau Google pernah di-hack. Belum pernah.

#5 GMail Memanfaatkan Isi Email Anda

YMail punya sebuah kebijakan pribadi yang menyatakan bahwa mereka TIDAK menggunakan konten email kita untuk kepentingan marketing mereka. Sedangkan GMail, tidak punya pernyataan itu.

Jika sebuah perusahaan menggunakan konten email milik pengguna layanan mereka, itu jahat.

Bayangkan saja, jika ada pengguna email yang berprofesi fotografer. Lalu ada perusahaan yang mengambil seluruh foto yang fotografer ini kirim ke kliennya untuk dijadikan iklan. Tanpa ijin main comot aja.

#6 Sepertinya Sama Nilai Keamanan

Pengguna GMail diberi dua metode verifikasi supaya mereka terhindar dari masalah hacking.

GMail juga bertindak serius jika ada seseorang yang mau login ke email Anda dengan perangkat yang punya alamat IP yang berbeda dari yang Anda gunakan.

Jadi agak ribet kalau Anda punya ponsel baru dan mau login email disitu. Sedikit repot tak apa yang penting aman, ya.

YMail juga punya langkah aman untuk penggunanya. Mereka akan mengirim pesan singkat sebagai kunci utama jika ada seseorang yang login di email Anda.

Kedua layanan email ini saya rasa sudah melakukan yang terbaik supaya pengguna layanannya merasa aman dan tentram.

#7 Aplikasi Mobile Sudah Tersedia

Anda bisa buka email GMail dan YMail di ponsel atau komputer tablet asal punya koneksi internet.

Kedua aplikasi mereka punya tampilan yang bagus dan ga neko-neko bagi saya. Sama-sama punya fitur penting seperti kirim email, refresh email masuk, hapus email, buka file attachment, dan lain sebagainya.

YMail punya fitur menarik, yaitu kita bisa mengubah tampilan latar belakang aplikasi dengan gambar sesuka hati. Sedangkan GMail tidak.

Tapi entah kenapa aplikasi GMail terasa lebih ringan dan nyaman digunakan oleh saya. Mungkin sugesti aja, kebawa dengan tampilan android Google yang minimalis itu.

#8 GMail dengan GDrive, YMail dengan Flickr

Semua file Ms. Word, Excel, atau Power Point Anda yang masuk lewat inbox email GMail bisa disimpan otomatis ke dalam layanan penyimpanan Google, yakni Google Drive atau GDrive.

Saat email Anda terhapus tanpa sengaja, bahkan di folder sampah/trash pun tak bertemu. Anda pun bertanya-tanya, “Kemana email isi laporan keuangan itu?” Ambil nafas dalam-dalam, dan segera buka aplikasi GDrive Anda.

Kemudian berdoa. Semoga file-nya ada disana.

Pengguna YMail gimana? Wah ga tau ya. Saya belum pernah mendengar ada aplikasi YDrive atau semacamnya. Ada juga Flickr untuk menyimpan foto saja.

#9 Fitur ‘Ga Jadi Kirim Email’

Pernahkah Anda salah mengirim email ke seseorang? Niatnya mau ngirim email cinta ke pacar, eh malah terkirim ke bapaknya.

Dunia serasa berputar.

GMail punya solusinya. Ada sebuah fitur GMail yang namanya Undo Send. GMail akan menampilkan sebuah jendela kecil supaya Anda bisa batalkan pengiriman emailnya.

Tapi, jika jendela kecil itu keburu ditutup, wah, emailnya sudah tidak bisa diselamatkan lagi.

YMail ga punya fitur penting nan important ini. Sayang sekali.

Kesimpulan

Kedua layanan email ini sepertinya sama-sama bagus dan tidak begitu merepotkan. GMail punya GDrive untuk menyimpan file dokumen Anda, dan YMail punya Flickr untuk foto-foto liburan Anda.

GMail punya batasan penyimpanan yang hanya 15GB, tapi saya rasa itu lebih dari cukup. Satu file dokumen paling-paling cuma sampai 5MB, mau nyimpan berapa puluh ribu dokumen supaya sampai 15GB?

Pertanyaan: Apa layanan email favorit Anda? Berikan alasan Anda memilihnya di kolom komentar, ya.