FAT32 vs exFAT vs NTFS, Mana Sistem File Yang Tepat Untuk Anda?

Sistem file adalah pengetahuan penting yang sering disepelekan. Setiap kali para rekan kerja saya melakukan format flash disk (harusnya sih flash drive nyebutnya), mereka hanya sekedar format. Kemudian mengeluh flash drive-nya rusak, katanya setelah di format, cuma bisa menyimpan file kurang dari 4GB.

Wahai masyarakat, teknologi tidak sesederhana itu. Tidak.

Ketika melakukan format flash drive ataupun hard disk eksternal, ada pengaturan sistem file yang harus disesuaikan dulu. Setelah Anda klik kanan flash drive, lalu memilih Format, ada perintah File System dengan pilihan antara FAT32, exFAT, dan NTFS.

Mana yang harus Anda pilih?

FAT32, Hanya Sebatas Empat Giga

FAT32 adalah sistem file yang sesepuh. Umurnya mungkin lebih tua dari Anda. Sistem ini sudah ada sejak sistem operasi Windows 95 lahir dan masih banyak digunakan sampai sekarang.

Sistem file ini kompatibel dengan hampir seluruh perangkat lain seperti konsol game, komputer Windows, Mac, dan bahkan Linux. Jika Anda menggunakan flash drive dengan sistem file ini, semua perangkat itu bisa mengakses, membaca, dan menulis file di flash drive Anda.

Sayangnya, sistem file ini tidak bisa menyimpan file yang besar. Ia hanya cukup untuk menyimpan file paling maksimal 4GB. Tahun 2017, flash drive 4GB buat nyimpan apa?

Sistem file ini sebaiknya hanya digunakan pada perangkat Anda yang harus kompatibel dengan seluruh perangkat lain. Pastinya hanya file di bawah 4GB saja yang bisa Anda simpan di dalamnya.

exFAT Teman Windows Sejati

Extended File Allocation Table adalah file sistem yang mirip dengan FAT32 namun punya kemampuan lebih lainnya. Sistem file ini diluncurkan pada tahun 2006, jamannya Windows XP dan Vista.

exFAT bisa menampung ukuran file yang lebih besar dari 4GB, lebih unggul dari FAT32. Anda bisa menyimpan file video Youtube hasil jerih payah bergadang di sini.

Konsol game seperti PlayStation 4 dan Xbox One kompatibel dengan exFAT, namun versi konsol sebelumnya tidak. Namun untunglah Anda masih bisa mengirim dan menerima file dengan sistem file ini di sistem operasi Mac, Windows, dan Linux.

NTFS Sistem File Hard Disk Internal Anda

NT File System adalah sistem file yang paling modern saat ini. Komputer Windows yang Anda gunakan adalah sistem file NTFS secara default. Pengaturan ini sudah diatur oleh Microsoft.

Sistem file ini punya banyak fitur yang menutupi kekurangan FAT32 dan exFAT. Jika mereka punya batasan ukuran penyimpanan, maka NTFS punya batas yang jauh lebih besar dari mereka.

Anda tidak akan pernah habis menggunakannya, deh.

Sayangnya, jika memori eksternal atau flash drive Anda menggunakan sistem file NTFS, Anda tidak bisa meng-copy file dari sistem operasi Mac. Mac hanya bisa membaca file di dalamnya.

Hati-hati dengan virus yang seringkali menyebar melalui hard disk dan flash drive Anda. Lakukan 9 Cara Mudah Menghindari Virus Komputer Tanpa Ribet ini di rumah untuk jaga-jaga.