Dazzle, Aplikasi Pesan Tiket dengan Kecerdasan Buatan

Sejak revolusi industri versi ke empat mulai marak dibahas di seluruh dunia, bidang kecerdasan buatan sudah nggak lagi dianggap teknologi yang diremehkan. Tanpa kita sadari, orang-orang telah menggunakan teknologi ini dengan sentuhan jari mereka di smartphone. \

Kamu sering memakai aplikasi google translate? Nah, ada kecerdasan buatan di dalamnya. Aplikasi ini bisa memproses kalimat bahkan dokumen dengan salah satu bidang cabang kecerdasan buatan, yakni pemrosesan bahasa alami.

Baru-baru ini muncul sebuah sistem canggih di bidang transportasi yang bernama Dazzle. Dazzle, adalah sebuah sistem yang bisa mengelola perpesanan layanan transportasi dan memudahkan orang-orang untuk bepergian.

Kerennya, sistem ini akan melayani permintaan, pertanyaan, atau pembicaraan apapun dari pelanggan dengan menggunakan kecerdasan buatan.

dazzle iphone

Dazzle dibuat oleh sebuah perusahaan Lola Tech yang berdiri pada tahun 2009. Pada tahun 2016, Dazzle awalnya dibuat untuk menjadi sistem yang melayani tamu menggunakan smart speaker di kamar-kamar hotel.
Kini, Dazzle berfokus untuk menjadi sistem yang ahli dalam melakukan percakapan dengan konsumen dan tujuannya adalah melakukan transaksi.

Nantinya, kita nggak lagi bakalan digodain oleh mbak-mbak dari perusahaan asuransi supaya jadi nasabah mereka, tapi digodain sama komputer.

Layanan oleh Dazzle bakalan menghemat biaya perusahaan untuk menyediakan layanan costumer service, yang kini masih memakai manusia. Pastinya akan banyak terjadi PHK massal untuk jasa di bidang ini.
Para pemilik perusahaan juga akan senang kalau pelanggan mereka akan dilayani 24 jam tanpa biaya uang lembur.

Semua percakapan oleh Dazzle dilakukan dengan bahasa alami, bagian dari kecerdasan buatan. Menurut Wikipedia, bahasa alami, atau natural language adalah bahasa yang berkembang secara alami oleh manusia melalui penggunaan yang berulang-ulang tanpa perencanaan yang sadar.
Dengan kata lain, percakapan kita dengan dazzle akan terasa seperti percakapan yang dilakukan layaknya dengan manusia.

dazzle costumer

Dazzle telah bekerja sama dengan Alexa milik Amazon, Google Assistant milik Google, Facebook Messenger dari Facebook. Kalau kamu punya Google Home di rumah, kamu bisa pesan tiket kereta dengan cara bertanya langsung ke Google Home-nya.

Bahkan kamu bisa minta untuk Google Home menemukan tiket dengan harga yang sesuai budget kamu.

Dazzle pastinya juga sudah mempersiapkan layanan percakapan melalui SMS. Jadi kalau kehabisan paket data internet, bukan jadi masalah.

Nah, bisa dibayangkan gimana nantinya masa depan teknologi? Saya yakin akan ada banyak PHK massal gara-gara teknologi yang semakin memudahkan dan menggantikan pekerjaan manusia.