Cara Mudah Install Ulang Komputer Windows Dengan Flash Drive

Komputer Anda mulai terasa lamban, lelet, atau lag? Wah, mungkin itu tanda-tandanya komputer Anda bermasalah. Gimana nih cara perbaiki jadi seperti baru lagi?

Solusi yang mungkin langsung muncul diantara pengguna komputer adalah ‘install ulang’. Banyak orang rela membayar hingga ratusan ribu rupiah untuk meng-install ulang komputernya di toko komputer.

Tahukah Anda bahwa proses ‘install ulang’ ini sangat-sangat gampang dan bisa menggunakan flash drive? Mau tahu caranya?

Sebagai mantan mahasiswa, saya seringkali menggunakan komputer dengan cara yang sembarangan. Contohnya menginstall komputer dengan berbagai aplikasi yang sebenarnya tidak mereka gunakan.

Hanya ingin coba-coba saja.

Memang menyenangkan, sih. Ada program yang punya fitur canggih, tampilan menarik, dan lain sebagainya. Efek sampingnya adalah komputer yang lag karena beban memori terlalu banyak.

Seringkali jalan keluar dari lag ini adalah dengan meng-install ulang komputernya. Bisakah melakukannya sendiri dirumah? Gimana sih caranya?

Persiapan

Kalau Anda ingin meng-install ulang komputer Windows sendiri, pastikan dulu beberapa poin berikut:

  1. Anda memiliki software Windows yang original, meng-install Windows bajakan sangat tidak disarankan.
  2. Pastikan Anda memiliki serial number dari Windows yang Anda beli.
  3. Siapkan sebuah USB flash drive dengan kapasitas 4GB atau 8GB. Kalau Anda ingin menggunakan hard disk eksternal boleh sih, tapi nanti loadingnya bakalan lebih lama.
  4. Pastikan komputer Anda dapat menyala selama beberapa jam. Jika menggunakan laptop, siapkan adaptor di dekat Anda.
  5. Siapkan sebuah hard disk eksternal untuk menyimpan file backup
  6. Download aplikasi Rufus di sini. Aplikasi ini digunakan untuk membuat bootable USB drive installer Windows.

Software Windows yang original bisa Anda download di link berikut:

  1. Download ISO untuk Windows 10 disini.
  2. Download ISO untuk Windows 8.1 disini.
  3. Download ISO untuk Windows 7 disini.

Jika semua poin diatas sudah Anda siapkan, mari kita mulai install ulang komputer Windows Anda dengan langkah-langkah berikut.

Langkah #1 Hubungkan dan backup flash drive

Setelah flash drive terhubung, backup file-file penting di dalam flash drive Anda. Seluruh data di dalam flash drive akan hilang secara otomatis nanti.

Langkah #2 Backup seluruh file di komputer ke hard disk eksternal

Ini yang wajib Anda lakukan. Karena proses install ulang laptop atau PC Anda akan menghapus seluruh data di dalam komputer yang akan di install ulang, maka hard disk eksternal Anda juga harus memiliki space yang cukup.

Biasanya menjadi masalah untuk Anda yang hobi mengoleksi film, nih.

Langkah #3 Jalankan aplikasi Rufus

Aplikasi ini tidak perlu di-install, cukup di-run saja. Setelah aplikasi berjalan, setting pilihan pada aplikasi seperti pada gambar di bawah ini.

Pada field Device, pilih nama flash drive yang Anda hubungkan dengan komputer. Sedangkan pada field Volume Label, berikan nama yang Anda inginkan untuk USB bootable drive ini.

Pastikan pengaturan file system Anda adalah FAT32.

Pastikan untuk menghilangkan centang pada opsi Check device for bad blocks. Jika perintah ini aktif, maka proses instalasi jadi lebih lama.

Berikan centang pada opsi Create a bootable disk using. Kemudian pilih ISO image pada option box dan klik tombol di sebelah kanan option box untuk memilih lokasi file ISO Anda. Setelah file ISO image telah diseleksi, klik OK.

Jika pengaturan aplikasi Rufus sudah sesuai, maka klik tombol Start untuk memulai pembuatan USB bootable drive.

Langkah #4 Biarkan proses berjalan tanpa hambatan

Ketika proses dimulai, Rufus akan meminta kepastian apakah Anda yakin menghapus seluruh data di dalam USB flash drive. Klik tombol OK untuk melanjutkan.

Selama proses ini berlangsung, sebaiknya pastikan hubungan listrik komputer tetap stabil. Setelah selesai, maka Anda bisa segera meng-install ulang notebook atau laptop Anda dengan USB flash drive ini.

Langkah #5 Hubungkan USB flash drive dengan komputer yang akan Anda install ulang

Eject USB flash drive dari komputer. Kemudian hubungkan dengan komputer yang akan Anda install ulang. Baik itu laptop atau desktop PC.

Pastikan keadaan komputer sedang tidak menyala.

Apakah perlu mempersiapkan sebuah CD atau DVD? Sudah tidak jaman lagi. Anda sedang akan melakukan sebuah cara install ulang tanpa CD yang revolusioner. Tsah.

Langkah #6 Memulai proses install ulang komputer

Setelah komputer mulai menyala, tekan tombol F2 atau F8 atau F9 atau F10 atau F12 (bergantung pada tipe dan merk laptop) untuk masuk ke layar BIOS untuk pemilihan boot.

install windows 10

Pilih boot menggunakan USB flash drive Anda. Setelah itu, aplikasi installer Windows akan dimulai.

Langkah #7 Berdoa

Selama proses ini berlangsung, berdoalah. Karena di negara kita yang tercinta ini kejadian ‘pemadaman listrik’ sudah bukan barang baru lagi. Semoga PLN berpihak kepada Anda.

Setelah komputer Anda selesai di-instal ulang, Anda akan merasakan betapa nyaman, ringan, dan gesitnya komputer Anda untuk digunakan.

Hal ini karena memori hard disk yang tidak terbebani file-file (masih seger). Makanya, menyimpan file video di komputer bukanlah tindakan yang tepat.

Sebaiknya, Anda juga mengikuti cara jitu supaya komputer Windows cepat loading supaya komputer Anda tetap nyaman digunakan.

Semoga tutorial ini bisa memudahkan Anda dalam menginstall ulang komputer keluarga, sahabat, ataupun tetangga tanpa bantuan ahli IT, ya!