Alienware Area-51m Laptop Powerful yang Bisa Diupgrade

Acara Consumer Electronics Show tahun 2019 ini menampilkan sejumlah alat-alat elektronik yang unik dan menarik minat konsumen. Salah satu perangkat elektronik yang diperkenalkan adalah Alienware Area 51m oleh perusahaan yang khusus mendesain perangkat untuk gaming, Alienware.

Pada event ini, Alienware Area 51M langsung dinobatkan sebagai laptop gaming paling powerful di dunia. Bukan tanpa alasan, laptop ini punya spesifikasi komponen generasi terbaru yang belum ada di laptop lain. Nama Alienware Area 51M adalah nama laptop pertama yang dirilis oleh perusahaan Alienware di tahun 2002 lalu.

logo alienware area-51m
Logo Alienware tetap mencolok di bagian body layar.

Frank Azor, salah satu co-founder dari Alienware mengatakan, “Kami katakan kepada para teknisi kami, buatkan kami monster, dan lihat apa yang bisa kalian lakukan.” Alienware tidak mengutamakan agar produk ini menjadi best-seller, mereka hanya ingin melakukan apa yang mereka inginkan.

Alienware Area 51M adalah solusi bagi kelemahan laptop jaman sekarang yang spesifikasinya tidak bisa di-upgrade. Anda pasti tahu gimana rasanya harus menjual laptop karena spesifikasinya sudah nggak up-to-date, kan.

Laptop ini didesain khusus agar mudah untuk dibongkar, sehingga pemiliknya dapat melakukan upgrade sejumlah komponen utama di dalamnya. Pemilik laptop keren ini akan dimudahkan untuk meng-upgrade komponen seperti harddrive, RAM, baterai, bahkan CPU dan kartu grafisnya.

komponen alienware area-51m
Komponen di dalamnya tersusun rapi untuk bisa dirakit kembali.

Pembeli Alienware Area 51M akan mendapatkan instruksi manual yang ada di frame laptop agar semakin mudah untuk membongkar dan kembali merakit komponen. Semua instruksi ini memiliki urutan agar proses pembongkaran tidak membingungkan si pembongkar.

Alienware Area 51M memiliki ukuran layar sebesar 17.3 inci dengan resolusi 1080p. Saya yakin ukuran ini sudah cukup oke untuk sebuah laptop, karena akan sulit dibawa kalau lebih besar lagi. Konsumen diberikan pilihan untuk panel 60Hz atau 144Hz dengan teknologi NVidia G-Sync serta Tobii eye-tracking.

Bagi yang belum tahu teknologi eye-tracking, teknologi ini adalah teknologi sensor yang memberikan akses ke perangkat untuk mengetahui dimana mata pengguna sedang berfokus. Nah, berkat teknologi ini Alienware Area 51M bisa memberikan fitur-fitur canggih seperti misalnya efek depth of field di tampilan layar saat bermain.

Alienware Area 51M dilengkapi dengan processor Intel Generasi ke 9, yakni i7-8700, i7-9700K, dan i9-9900K. Ketiganya adalah beberapa CPU yang paling powerful di dunia. Game setaraf PlayStation 4 sudah pasti bisa dimainkan di laptop ini.

exhaust alienware area-51m
Exhaust besar dengan desain futuristik sudah jadi trademark Alienware.

Kartu grafis di dalamnya adalah GeForce RTX 2080, yang merupakan kartu grafis paling ‘greget’ untuk keluarga komputer laptop. Kartu grafis ini menggunakan format kartu Dell Graphics Form Factor (DGFF), yang ternyata NVidia dan AMD belum menyatakan kalau mereka akan membuat kartu di masa depan yang kompatibel dengan format ini. Jadi, belum ada kepastian akan mudah untuk melakukan upgrade GPU di masa depan. Waduh.

Alienware Area 51M memiliki dua buah slot harddisk dengan spesifikasi PCIe M.2 SSD, yang kompartemen-nya memiliki banyak fitur untuk konfigurasi media penyimpanan. Dua buah slot harddisk sudah cukup untuk menampung game-game kelas berat serta file video Anda.

Alienware Area 51M memberikan empat buah slot kartu RAM yang mendukung hingga 64GB memori dengan kecepatan 2400MHz. Kenyamanan untuk multitasking sudah tidak perlu diragukan lagi.

keyboard alienware area-51m
Keyboard besar dengan backlight penuh warna.

Alienware Area 51M memiliki kemampuan baterai sebesar 90Wh. Perusahaan Alienware mengatakan bahwa Alienware Area 51M tahan digunakan selama ‘beberapa jam’ untuk penggunaan biasa, dan ‘mungkin’ 45 menit untuk pemakaian gaming. Alienware Area 51M  diberikan dua port adaptor yang bisa digunakan dengan ukuran adaptor pertama sebesar 180W dan port kedua sebesar 180W, 240W, dan 330W yang tergantung dari pilihan spesifikasi yang dibeli konsumen.

Alienware memberikan tiga port Thunderbolt, tiga port USB 3.1, satu port HDMI, Mini DisplayPort, Ethernet, dan port khusus untuk Alienware Graphic Amplifier.

Berkat spesifikasi yang powerful, Alienware Area 51M terasa tidak jauh dengan komputer desktop untuk gaming. Perbedaan antara Alienware Area 51M dengan komputer gaming desktop adalah, ia memiliki baterai, layar, dan keyboard yang sudah menempel.