9 Alasan Penting Menjadi Developer Android

Anda telah memutuskan untuk belajar Android? Ingin menjadi seorang developer Android yang jago? Sistem operasi Android memang sedang diminati oleh pengguna smartphone di seluruh dunia. Sudah banyak anak muda Indonesia yang memutuskan untuk menjadi developer Android. Ada 9 alasan menjadi developer Android yang kamu harus tahu!

#1 Jutaan Konsumen

Menurut Venturesity, Android menguasai pasar perangkat mobile di seluruh dunia hingga mencapai 75%. Maka, ada kemungkinan yang luar biasa besar untuk aplikasi Anda untuk dibeli pengguna Android. Semua orang dari berbagai belahan dunia bisa mendownload aplikasi Anda hanya dengan sentuhan jari.

#2 Tanpa Biaya Lisensi

Aplikasi android yang anda buat, serta seluruh biaya menggunakan aplikasi android studio, ataupun biaya menjadi developer Android, semuanya gratis. Android adalah sistem operasi yang bersifat open source, jadi semua orang (bahkan anak SD) bisa menjadi developer Android. Siapkan saja komputer dan niat untuk memulai.

#3 Jadi Juragan Aplikasi Android

Ada banyak sekali perusahaan bisnis, konsultan IT, atau bahkan freelancer yang membutuhkan skill anda dalam membuat aplikasi Android. Menurut stackoverflow, developer Android adalah mereka yang paling dicari setelah developer cloud dan developer iOS.

#4 Mudah Diakses

Android developer dapat mengakses platform android dari mana saja, kapan saja, asalkan ada perangkat komputer dan koneksi internet. Dokumentasi yang dibutuhkan untuk membangun aplikasi Android juga mudah ditemukan di internet. Anda hanya perlu niat untuk memulai mempelajarinya.

#5 Kompatibel dengan Windows dan Ubuntu

Menurut AndroidAuthority, aplikasi android bisa dijalankan di sistem operasi Ubuntu, bahkan Microsoft juga sedang mengusahakan agar nantinya aplikasi Android bisa dijalankan di windows 10. Sistem operasi milik Google yang baru, ChromeOS, juga sangat kompatibel dengan Android. Nantinya, aplikasi Android dapat berjalan di setiap sistem operasi.

#6 Aplikasi Androidstudio Gratis-Tis-Tis

Jaman dahulu kala, android dibuat dengan aplikasi Eclipse dan plug-in Android Developer Tools. Kini ada sebuah aplikasi khusus yang dikembangkan sendiri oleh perusahaan pemilik Android, Google. Jika saat ini Anda menggunakan aplikasi Android Studio, itu adalah ide yang sempurna, karena aplikasi ini gratis. Android Studio mudah di-install dan mudah digunakan, lho! Fungsi Android Studio adalah untuk membantu Anda membuat aplikasi Android.

#7 Penghasilan Hingga $89.000 per Tahun

Menurut situs Paysa, angka penghasilan rata-rata para developer Android adalah sekitar $89.000 per tahunnya, dengan rentang $68.000 hingga $112.000. Pekerjaan seorang developer Android memang tidak mudah, makanya perusahaan mau membayar mahal jasa mereka.

#8 Developer Android Sangat Dibutuhkan

Hampir seluruh smartphone yang ada di bumi ini beroperasi dengan sistem operasi Android. Sudah tentu banyak perusahaan yang berlomba-lomba untuk menyisipkan teknologi ini ke dalam proyek besar mereka. Semakin banyak perusahaan yang ingin teknologi Android ini, maka semakin banyak developer Android yang banjir kerjaan.

#9 Beasiswa dari Google

Situs Udacity telah bekerja sama dengan google untuk mengadakan program beasiswa buat anda yang ingin belajar membangun aplikasi android. Program tersebut dinamakan Android Basics Nanodegree by Google. Nah, 50 orang pertama yang berhasil menyelesaikan program ini akan mendapatkan beasiswa penuh untuk program belajar Android lainnya!

Pada situs Udacity, Anda akan disuguhkan banyak contoh project Android Studio yang patut untuk dipelajari.

Seorang Android developer tidak hanya bisa membuat sebuah aplikasi, tapi juga punya passion yang tinggi untuk memperluas pengetahuannya. Ayo mulai membuat aplikasi Android Anda sekarang!