9 Tips Rahasia Sehat Menggunakan Komputer

Komputer sudah menjadi bagian dari hidup semua orang. Hampir setiap hari saya menggunakan komputer, baik itu smartphone, tablet, ataupun laptop. Selain manfaatnya, komputer juga punya dampak buruk untuk manusia, umumnya dalam hal kesehatan. Lalu apa saja tips untuk menggunakan komputer bagi kesehatan supaya mencegah dampak buruk itu?

#1 Atur Posisi Duduk yang Benar

Saat masih duduk di sekolah dasar, Anda pasti sudah belajar bahwa posisi duduk yang salah bisa membuat punggung nyeri. Bahkan bentuk tubuh Anda bisa jadi membungkuk, layaknya opa-opa umur 70 tahun.

Walaupun banyak orang yang tahu kalau posisi duduk yang salah itu tidak baik, tetap saja mereka duduk dengan cara yang salah. Ya begitulah manusia.

Bagi Anda yang menghabiskan sebagian besar waktu di depan komputer, periksakan diri Anda di depan cermin, apakah bentuk punggung Anda masih normal atau tidak.

Postur duduk yang salah bisa memicu sakit pinggang, punggung, peredaran darah menjadi tidak lancar, dan nyeri otot di paha serta pundak.

Lalu bagaimana posisi dan postur tubuh yang benar saat duduk di depan komputer? Ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan.

  1. Pastikan kursi yang Anda punya dilengkapi dengan sandaran dan arm rest.
  2. Saat duduk, telapak kaki menempel pada lantai dengan sempurna, tidak menjinjit.
  3. Tinggi meja tidak menghalangi pergerakan paha untuk ke atas saat Anda akan berdiri.
  4. Sesuaikan tinggi meja dan kursi agar posisi tangan ke keyboard tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah. Sebaiknya pas lurus horizontal.
  5. Atur jarak mata Anda dengan monitor agar tidak kurang dari 30 cm.
  6. Pastikan arah pandangan mata ke monitor tidak terlalu lurus, 45 derajat ke bawah itu lebih baik. Ini mempengaruhi kesehatan otot leher Anda.

#2 Cerahnya Monitor Mempengaruhi Kualitas Penglihatan Anda

Jika Anda menggunakan komputer Macbook seperti saya, Anda akan melihat bahwa komputer Anda menyesuaikan kecerahan dengan cahaya ruangan. Jika di ruangan terang, maka kecerahan monitor ikut terang, begitu juga sebaliknya.

Sayangnya, komputer merk lain ada yang seperti itu ada juga yang tidak.

Kebanyakan sih tidak seperti itu.

Anda harus mengaturnya sendiri supaya mata sehat di depan komputer. Jadi, bagaimana caranya supaya tahu kalau kecerahannya sudah pas?

Saat mengatur kecerahan warna, perhatikan warna putih pada monitor, jika warna itu tampak terlalu terang maka kurangi kecerahannya.

Salah satu cara sehat menggunakan komputer adalah dengan mengatur kecerahan layar secara berkala. Kurangi kecerahan layar monitor Anda hingga Anda merasa nyaman saat melihat warna putih itu.

#3 Perbanyak Istirahat dengan Berdiri dan Berjalan

Pekerjaan yang menumpuk dan menunggu Anda memang jadi alasan utama untuk tidak meninggalkan komputer seharian. Apalagi mengingat wajah atasan yang menyebalkan jika kerjaan Anda tidak kunjung beres.

Berdirilah sesekali supaya punggung dan pinggang Anda tidak nyeri. Kemudian berjalanlah ke kantin atau ke taman kantor agar peredaran darah Anda menjadi lancar.

Anda juga bisa sekalian membeli makan siang dan cuci mata melihat karyawan lain yang sedang bersantai di taman. Teguhkan hati jika Anda jomblo dan isi taman penuh karyawan yang pacaran.

Saya seringkali terlupa untuk sekedar berdiri dari meja komputer saking asyiknya dengan pekerjaan. Maka, saya menyiapkan sebuah alarm yang akan mengingatkan saya untuk beristirahat setiap 30 menit.

Aplikasi berikut adalah alternatif alarm pengingat saya untuk beristirahat didepan komputer. Silahkan dicoba.

  1. Eyeleo (Windows)
  2. Workrave (Linux)
  3. Wake Up Time (macOS)

#4 Hindari Refleksi Cahaya dari Monitor

Perhatikan posisi meja komputer Anda dengan jendela di ruangan kantor atau ruang kerja Anda di rumah.

Jendela adalah sumber cahaya utama di siang hari dan cahaya matahari adalah salah satu faktor utama buruknya kesehatan mata.

Manusia akan menyipitkan mata jika terpapar sinar matahari secara langsung, bagaimana jika terpapar secara tidak langsung?

Cahaya matahari yang dipantulkan oleh monitor komputer Anda adalah contohnya. Pada umumnya kita tidak sadar mata kita sedang tersiksa karena asiknya bekerja atau bermain game di komputer.

Posisikan meja komputer atau laptop Anda di depan jendela ruangan. Selain bisa menikmati cahaya matahari yang hangat itu, bekerja sambil menghadap ke luar ruangan bisa menambah inspirasi dan semangat kerja!

#5 Jangan Lupa Berkedip

Pernahkah Anda mendengan istilah Computer Vision Syndrome? Ini adalah sebuah sindrom yang sedang populer sejak era teknologi komputer membumbung tinggi.

Sindrom ini adalah sebuah kebiasaan orang yang jarang sekali mengedipkan mata saat menatap monitor komputer dalam jangka waktu yang lama.

Menurut TheChronicleHerald, anak-anak adalah juga terkena sindrom ini selain dengan orang dewasa. Maka jangan heran jaman sekarang anak SD pun sudah banyak yang berkaca-mata.

Sebelum terlambat, awasi anak Anda saat mereka menggunakan smartphone, tablet, atau laptop. Ingatkan mereka untuk berkedip dan istirahat jika mata mereka mulai lelah.

#6 Minum Air Putih Secara Berkala

Terlalu lama duduk dan bekerja di depan komputer membuat Anda akan melupakan keadaan tubuh yang kekurangan air atau istilah kerennya, dehidrasi.

Tubuh yang dehidrasi berpotensi membuat seseorang cepat lelah, kehilangan semangat kerja, pikiran tidak fokus, dan gangguan pencernaan. Maka, iklan produk air minum yang sering kita lihat itu bukan mengada-ada.

Dilansir dari situs Joe, minum air putih dapat membersihkan tubuh dari racun serta dapat melancarkan pencernaan.

Saat Anda beristirahat dari pekerjaan dan layar monitor komputer, sebaiknya hindari minum air yang berwarna dan penuh rasa ini itu.

Segarkan tubuh dan pikiran Anda dengan air putih yang tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas.

#7 Jangan Letakkan Laptop di Paha

Menurut ElectricSense, meletakkan laptop di atas paha bisa mengurangi kualitas kesuburan seorang pria. Hiii.

Banyak orang menggunakan laptop di atas paha dengan alasan tidak ada tempat duduk. Saya sering menemukan orang-orang seperti itu di taman kota. Ya, disana memang cuma ada pohon dan tanah, tanpa meja atau kursi.

Laptop mengeluarkan radiasi yang cukup berbahaya dan bisa membahayakan organ tubuh manusia.

Sánchez Sarmiento, seorang peneliti dari Argentina mengatakan, “Kami butuh penelitian tambahan, tapi saran pertama kami adalah hindari menggunakan laptop di atas paha, terutama saat laptop terhubung dengan Wi-Fi.”

#8 Lebih Ringan Lebih Baik

Jaman dulu berat laptop bisa mencapai 5kg, walaupun spek-nya hanya sekedar cukup untuk bikin laporan kerja. Laptop jaman sekarang sudah lebih canggih dengan berat hampir 0,5 kg.

laptop berat

Saat membawa laptop di dalam tas, apakah Anda merasa nyeri di punggung atau pundak? Jika iya, maka segeralah mengganti tas Anda dengan tas jinjing, bukan tas punggung.

Salah satu gangguan kesehatan pengguna komputer adalah punggung yang nyeri dan seringkali datang mendadak. Punggung yang memikul berat berlebih bisa menyebabkan nyeri atau bahkan tulang punggung membengkok.

#9 Sehari Tanpa Komputer

Apakah Anda masih bekerja walaupun di hari libur? Apakah Anda kesulitan meninggalkan smartphone/tablet/laptop Anda di rumah saat sedang liburan bersama keluarga?

hari tanpa komputer

Segeralah periksakan diri Anda ke psikiater. Kemungkinan ada masalah kejiwaan di dalam diri Anda.

Pepatah mengatakan, “time is money.” Pepatah ini mengajarkan untuk menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya agar tidak merugi.

Anda tidak harus kehilangan uang untuk merugi. Kehilangan waktu bersama keluarga pun adalah kerugian.

Setiap hari Minggu, saya menyempatkan waktu untuk meninggalkan smartphone, tablet dan laptop di rumah dan pergi bersama keluarga, walaupun hanya sekedar ke taman komplek sebentar. Waktu bersama keluarga tidak boleh terganggu oleh alat-alat elektronik.

Ternyata rasanya sungguh menyenangkan. Saya menjadi lebih fokus untuk menikmati obrolan, lebih tertawa lepas saat bergurau, dan lebih mengenal keluarga tanpa tersendat oleh chat dan pesan singkat teman kantor.

Coba dan rasakan nikmatnya, teman. Selain kesehatan jasmani, kesehatan jiwa pun tak kalah penting.

Kesimpulan

Pada dasarnya, komputer dibuat untuk memudahkan pekerjaan manusia. Gunakan komputer sebaik mungkin dan seperlunya.

Apapun yang dilakukan secara berlebih, itu tidak baik.

Kesehatan Anda lebih penting daripada komputer Anda, maka jangan segan-segan untuk mengeluarkan biaya ataupun mengubah pola hidup Anda mulai dari sekarang.

Featured Image Courtesy: AppAdvice