9 Situs Rahasia Untuk Nonton Film Online Streaming Legal Yang Wajib Kamu Kunjungi

Hari gini masih mengunduh dan streaming film di situs ilegal? Tahukah Anda bahwa sudah banyak situs-situs film ilegal di Internet disertai dengan malware atau virus yang bisa membahayakan komputer Anda? Setiap kali Anda membuka situs tersebut, apakah sering muncul jendela iklan yang mengganggu? Hati-hati, mungkin saja komputer Anda telah terjangkit malware dan virus dari situs tersebut. Hiii. Apakah ada situs nonton film online yang legal di Internet ini?

Kini beberapa komunitas pengguna Internet telah membangun sejumlah situs resmi untuk streaming dan unduh film secara gratis dan legal. Karena situs tersebut adalah situs resmi maka Anda tidak perlu khawatir akan malware maupun virus. Dijamin aman.



Tidak banyak orang yang tahu situs-situs ini. Apa saja situs rahasia untuk nonton film online streaming yang legal itu? Mari kita bahas satu per satu.

#1 The Internet Archive

the internet archive

Mungkin Anda sudah pernah mendengar tentang situs TheInternetArchive. TheInternetArchive adalah situs terkenal yang merupakan gudangnya segala sesuatu di Internet, termasuk film domain publik, film independen, siaran TV dan berbagai video lainnya.

Seluruh video-video di situs ini bebas untuk dinikmati secara gratis. Anda bisa mengeksplorasi video tersebut dalam berbagai bahasa juga, seperti bahasa Inggris, Korea, dan bahkan bahasa Arab.

Kumpulan video di TheInternetArchive tersedia dalam kategori yang bermacam-macam. Mulai dari film fiksi ilmiah, horror, hingga video pendidikan.

Menurut PublicDomainReview, situs TheInternetArchive adalah perpustakaan digital yang bertujuan untuk memberikan “akses universal untuk pengetahuan”. Mayoritas kontennya berbentuk buku, film, dan audio. Sejak mengenal situs ini, saya banyak belajar ilmu-ilmu yang baru dan unik.

Jika Anda sudah tertarik dan mulai menjelajahi TheInternetArchive, Anda bahkan bisa menemukan cara untuk selamat dalam sebuah serangan nuklir, lho.

Ketika pertama kali menggunakannya, mungkin tampilannya agak terasa rame dan ribet. Mencari sebuah video tertentu terasa seperti mencari jarum di tumpukan jerami. Namun jika sudah terbiasa, Anda akan merasa bersyukur telah menemukan situs ini.

#2 Crackle

crackle

Crackle adalah situs nonton film online yang disukai oleh pengguna yang memilih untuk menonton film secara streaming di Internet.

Sebelum Anda mengakses video disitus ini sebaiknya lakukan registrasi terlebih dahulu agar Anda bisa membuat watchlist dan rekomendasi video berdasarkan video yang telah Anda tonton. Selain itu, pengguna yang terdaftar juga mendapatkan akses seluruh koleksi acara TV dan film-film, lho. Gratis, tis!

Saya menyukai fitur berbagi (sharing) di Crackle ini. Seringkali ketika saya membagikan video-video yang telah saya tonton di Facebook, informasi seperti like, komentar, rating, dan lain sebagainya telah dideskripsikan secara otomatis oleh Crackle.

Sebenarnya menonton film di situs ngga gratis juga, sih. Sembari asik menikmati film, Anda diharuskan untuk menonton iklan di Crackle. Maklumin aja, mereka juga butuh makan. 🙂

#3 Movies Found Online

movies found online

MoviesFoundOnline adalah situs pilihan utama saya ketika saya ingin menonton sebuah acara stand-up comedy. Selain stand-up comedy, situs ini juga menyediakan film-film independen, acara TC, dan berbagai video menarik lainnya yang sayang untuk dilewatkan.

Kategori-kategori yang ditawarkan juga beragam seperti film pendek, dokumenter, bahkan video yang viral pun juga ada.

Pada situs ini, Anda bisa menemukan dan mencari film berdasarkan tahun peluncurannya. MoviesFoundOnline menyediakan film yang diluncurkan mulai dari tahun 1900 hingga tahun 2016, lho.

Setiap video yang disajikan adalah legal. Maka apabila terdapat video yang melanggar hak cipta seseorang, maka suatu saat akan segera dihapus. Namun jangan khawatir, video-video yang legal dan gratis untuk diakses masih tetap menarik untuk dinikmati, kok.

#4 Popcorn Flix

popcornflix

PopcornFlix adalah sebuah situs berbagi video legal yang dimiliki oleh perusahaan Screen Media Ventures. Perusahaan ini memiliki akses dan hak berbagai macam acara TV. Sehingga, Anda bisa menikmati acara-acara TV dan film-film hollywood di PopcornFlix dengan halal.

Video-video gratis yang disajikan di PopcornFlix bisa ditonton tanpa harus melakukan registrasi terlebih dahulu.

Namun sayangnya, saya seringkali menemukan film baru yang masih berkualitas DVD disini. Padahal sebenarnya film tersebut sudah ada kualitas HD-nya. Tapi yah lumayan deh hitung-hitung nonton gratis.

Jika Anda juga adalah seorang penggemar National Geographic, maka PopcornFlix adala situs yang wajib Anda eksplorasi. Situs ini menyediakan berbagai episode Wild Justice hingga Alaska State Troopers.

Pilihan pengaturan di player video Popcorn Flix tidak memberikan pengaturan subtitle, hanya pengaturan volume, video scrubbing, dan tombol full-screen. Jika Anda kesulitan dalam berbahasa Inggris, maka ini kesempatan bagus untuk mulai belajar :).

#5 Classic Cinema Online

classic cinema online

ClassicCinemaOnline adalah situs yang ideal bagi penggemar film lawas. Saking lawasnya, Anda bisa menemukan film-film yang masih ditampilkan dengan warna hitam dan putih serta disertai lukisan poster-poster klasik.

Saya bahkan pernah menjumpai sebuah film yang dibuat pada tahun 1932 disini, lho. Silahkan cari sendiri, ya.

Menu di bagian atas situs ini menampilkan kategori-kategori film lawas seperti film serial, film ternama, bahkan film bisu. Anda bisa menemukan film-film lawas di Golden Age of Hollywood di situs ini, lho. Makan jangan heran jika film-film tersebut berkualitas buruk. Namanya juga film lawas.

Saya agak kesulitan ketika mencari video dari daftar video yang ada karena situs ini tidak menyediakan fasilitas filter video berdasarkan popularitas, tanggal rilis, atau lainnya. Namun tidak menjadi masalah kalau tujuannya hanyalah sekedar menonton film secara acak untuk mengisi waktu luang.

#6 Top Documentary Films

top documentary films

Film-film dokumenter terbaru mungkin agak sulit untuk ditemukan jika kita mencarinya tanpa referensi. Situs TopDocumentaryFilms menyajikan film-film dokumenter yang terbaru dan pantas untuk ditonton. Anda bisa menemukan banyak film dokumenter yang berisi politik, peperangan, kriminal, hingga kesehatan disini.

Pada halaman utama, situs ini memang tidak terlihat seperti sebuah situs berbagi video, namun lebih tampak seperti sebuah blog. Tapi tak jadi masalah.

Bagi saya, tampilan seperti ini lebih ‘user friendly’ dan mudah untuk di-nagivasi-kan.

Jika Anda merasa kebingungan ketika pertama kali membuka situs ini, saya merekomendasikan halaman top 100 documentary list. Halaman ini menampilkan daftar 100 film dokumenter terbaik mereka punya.

Selama mengeksplorasi, Anda akan menemukan banyak film yang telah berkualitas HD dengan pengaturan pilihan resolusi 720p. Ini adalah salah satu keunggulan TDF dibandingan situs berbagi video lainnya. Tapi bukan berarti seluruh video di situs ini sudah HD loh ya. Ada juga yang masih berkualitas rendah dan biasa saja.

Anda yang senang memberikan kritik pada film yang Anda tonton, bisa bergabung dengan komunitas di situs ini. Mereka rajin sekali memberikan rating dan komentar-komentar pada setiap film yang ada. Rating dan komentar-komentar tersebut selalu menjadi referensi saya sebelum saya memutuskan untuk menonton film tertentu di situs ini.

#7 Watch Documentary

 

Sesuai dengan namanya, situs nonton film online WatchDocumentary menyajikan banyak sekali film-film dokumenter. Karena saya sangat menyukai film-film yang sarat akan informasi dan pemikiran, maka situs ini adalah favorit saya.

Anda bisa menemukan banyak film yang telah dikategorikan dengan apik dan rapi. Mulai dari film dokumenter tentang petualangan, konspirasi, politik, hingga wisata.

Situs ini menyajikan video yang lengkap hingga 30 kategori film, lho. Film-film dokumenter sangat menarik hingga ada yang terbagi menjadi beberapa episode. Seluruh episodenya bisa Anda nikmati seluruhnya disini, dengan gratis.

Saya lebih memilih untuk membuka halaman film-film populer atau halaman daftar film yang terbaru daripada menonton film secara acak.

Fitur yang saya sukai disini adalah di setiap video saya bisa menemukan video lain yang berkaitan berdasarkan produser yang sama atau kategori yang sama.

Beberapa film yang disajikan tidak tersimpan langsung di hosting situs ini, namun berada di situs lain. Tapi jangan khawatir, film-film tersebut tetap asik untuk dinikmati.

Seringkali ketika merasa bosan (dan tidak ada kerjaan), menikmati film-film dokumenter yang kental akan informasi adalah hobi bagi saya. Saya sangat senang sekali apabila para pembaca juga bisa menjadikan menonton film dokumenter sebagai pengisi waktu luang yang bermanfaat.

#8 Public Domain Torrents

public domain torrents

Mengunduh menggunakan software aplikasi untuk torrent memang sangat disarankan, mengapa demikian? Karena mengunduh dengan torrent, Anda bisa menghentikan sementara, dan lanjut mengunduhnya kembali di lain waktu.

Lain halnya dengan mengunduh secara normal, terkadang jika koneksi Internet terputus, Anda harus mulai mengunduhnya kembali.

Public Domain Torrent adalah situs nonton film online yang menyediakan film-film yang bisa diunduh secara gratis melalui torrent. Ada juga film yang hanya bisa diakses secara berbayar.

Ketika saya membuka situs ini pertama kali, saya terkejut karena menemukan banyak sekali film-film klasik yang menarik dan cukup populer di masanya. Ya, dengan kualitas film jaman dahulu yang agak menyedihkan namun masih bisa dimaklumi.

Sayangnya tidak ada fitur untuk melihat sinopsis film. Padahal sinopsis adalah salah satu alasan pendukung seseorang untuk memutuskan menonton film itu atau tidak.

#9 Vimeo

 

Selain Youtube, salah satu situs berbagi video yang cukup populer adalah Vimeo. Saya menyukai video-video di situs ini karena kebanyakan video tersebut adalah film-film pendek.

Saya banyak menemukan para pembuat film independen mengunggah video trailer dan video proses pembuatan film mereka di Vimeo. Situs ini sudah mendukung layanan unggah video yang berkualitas HD, lho.

Bagi Anda yang ingin menampilkan video untuk orang-orang yang Anda inginkan, Vimeo juga menyediakan pengaturan privasi pada setiap video yang diunggah.

Jika Youtube memiliki halaman Featured, maka Vimeo memiliki halaman Vimeo’s Staff Picks. Anda bisa menonton video-video menarik yang disarankan oleh tim Vimeo yang beragam genre, mulai dari video fiksi ilmiah hingga drama.

Kesimpulan

Selain 9 situs tersebut, masih banyak lagi situs untuk nonton film online yang serupa. Namun kepopuleran situs-situs ini memberikan kredibilitas yang tinggi sehingga aman untuk diakses. Situs resmi dan legal sudah sewajarnya memberikan rasa aman bagi para penggunanya, bukan?

Semakin maraknya situs-situs untuk nonton film online streaming di Internet, semakin turun pula angka penjualan CD/DVD film.

Ya mau bagaimana lagi, ledakan era digital memang sudah harus kita jalani. Dulu, kita harus repot-repot pergi ke toko rental film untuk menikmati film-film yang kita inginkan. Sekarang, tinggal menyalakan komputer, cari koneksi Internet, lalu klik alamat situs nonton film online streaming yang kita inginkan. Mudah dan simple.

Memang beberapa orang lebih memilih untuk mengakses situs nonton film online yang menyajikan konten ilegal. Mudahnya mengakses Internet bisa memberi manfaat atau kerugian bagi masyarakat. Namun, untuk masalah film-film dan karya Indonesia lainnya, saya tidak berkompromi.

Saya akan tetap mendukung kemajuan kreatifitas bangsa, dengan menonton film-film Indonesia di bioskop. Merdeka!