9 Manfaat Smart City untuk Warga Indonesia

Smart City adalah penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengelola perkembangan ekonomi serta kualitas hidup yang lebih baik. Nantinya, pemerintah juga melibatkan warga saat mengelola sumber daya alamnya. Pemerintah kita sudah sejak lama menggembar-gemborkan konsep Smart City di Indonesia. Lalu apa manfaat Smart City, ya?

#1 Kota Berkembang dengan Perencanaan yang Oke

Zaman dahulu merencanakan perkembangan kota masih bisa dilakukan tanpa teknologi. Namun seiring berjalannya waktu, jumlah warga meningkat, pertumbuhan gedung-gedung tak terkontrol, perencanaan ini membutuhkan bantuan lebih.

Ibukota kita punya salah satu konsep Jakarta Smart City yang patut diacungi jempol. Sekarang sudah banyak dibangun taman-taman cantik. Saya kita kota ini sudah tak mungkin bisa punya taman, eh ternyata.

#2 Layanan Pemerintah Lebih Cepat dan Murah

Andai saja pembuatan KTP dilakukan seperti halnya membuat sebuah kartu ATM. Sayangnya KTP warga Indonesia sudah dikorupsi sama pemimpinnya.

Seluruh data masyarakat diakses dari satu server oleh jutaan komputer pemerintah. Jadi warga cuma perlu satu kartu, satu identitas. Tidak perlu ada SIM A, B, C, atau D. Cukup satu kartu KTP semua informasi menunggu untuk diakses.

#3 Mudah Mengelola Sampah

Sampah yang makin hari makin banyak bisa dikelola dan diawasi penyebarannya dengan teknologi. Daerah pelosok pun akan dijangkau lebih baik. Setiap truk pengangkut sampah diawasi dan diatur rute perjalanannya. Rute pengangkutan sampah jadi lebih efektif. Tidak ada truk pengangkut yang mutar-mutarin kota ga karuan mencari sampah.

#4 Penggunaan Energi Lebih Efisien

Rumah-rumah warga menggunakan energi listrik yang datanya direkam dengan baik. Rumah mewah punya daya listrik yang wah, dan rumah biasa dengan daya listrik biasa. Mau mencuri listrik tidak lagi semudah di jaman dulu, ya.

Pemerintah bisa mengendalikan nyala dan padamnya lampu jalanan saat diperlukan saja. Bahkan dengan teknologi yang makin canggih, banyak alat rumah tangga yang punya daya konsumsi listrik sangat rendah. Jadi hemat, deh.

#5 Daur Ulang Sampah Lebih Mudah

Ada mesin-mesin yang telah dikhususkan untuk mengelola sampah tanpa bantuan dari manusia. Mesin ini dapat menentukan apakah sampah bisa didaur ulang atau tidak. Teknologi jaman now semakin modern dan semakin buat manusia terlena, ya.

#6 Pengawasan Ketinggian Air Lebih Aman

Setiap pintu air di waduk ataupun sungai akan diawasi oleh alat yang bisa mendeteksi ketinggian air. Kalau terlalu tinggi, pintu air akan dibuka lebih lebar supaya air tidak meluap. Kalau terlalu rendah, pintu air ditutup rapat-rapat.

Nantinya, pintu air juga diawasi dengan CCTV Smart City yang diawasi di kantor Walikota, jadi kalau alat otomatis itu rusak, CCTV bisa membuat kepastiannya.

#7 Kualitas Air Bersih Terjamin

Sekarang air bisa dideteksi kandungan di dalamnya. Apakah kumannya terlalu banyak, atau bahkan sudah bisa dikonsumsi. Setiap sudut kota akan dipasang mesin yang bisa mendeteksi kejernihan air bersih.

Selain Indonesia, ada banyak negara yang punya saluran air bersih gratis. Air bersih ini bisa dikonsumsi langsung. Biasanya kita bisa temukan di taman-taman kota. Tapi kalau ini terjadi di Indonesia, pasti banyak ibu-ibu ngantri sambil bawa galon.

Sekarang lagi gembar-gembornya Kota Meikarta, sebuah kota yang modern dan katanya sih bakalan jadi Smart City pertama di Indonesia. Sebuah kota masa depan Indoensia. Semoga aja, ya.

#8 Energi Terbarukan yang Ekonomis

Sebuah kota yang sudah punya teknologi canggih, pasti memanfaatkan sumber energi paling ekonomis di dunia. Sumber energi yang tidak ada habisnya. Energi matahari.

Andai saja ini bisa terjadi, setiap rumah tidak perlu bayar listrik. Cukup memasang alat pembangkit listrik tenaga surya di rumah masing-masing. Lampu menyala seharian tanpa lelah.

#9 Pengelolaan Lalu Lintas Cerdas

Negara Jepang adalah salah satu negara yang paling aman kondisi lalu lintasnya. Selain karena warga di sana malas pakai mobil, sudah banyak rambu lalu lintas yang sudah bekerja secara otomatis.

Saat menonton film-film Jepang, pasti jarang sekali kita melihat polisi-polisi lalu lintasnya, bukan? Hayo, tanya kenapa.