7 Tips Penting Untuk Menghindari Smartphone Cepat Panas

Saya ingat jaman dulu waktu ponsel masih hanya mampu mengirim sms, nelpon, dan main game ular-ularan. Waktu itu semua ponsel yang saya pernah pakai, adalah ponsel anti panas dan anti rusak.

Anda pasti sering melihat meme sebuah ponsel Nokia yang jatuh ke lantai dan retak, … lantainya.

Jaman sekarang ada ngga sih ponsel smartphone yang anti panas? Atau setidaknya ada ngga smartphone paling tahan panas? Jawabannya tidak ada, kawan. Tapi ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menghindari dan mengatasi smartphone cepat panas.

#1 Charge Baterai Smartphone 20%-80% Saja

Beberapa teman saya menyarankan untuk jangan menggunakan smartphone hingga baterainya 0%. Ya, itu benar. Hindari menggunakan smartphone Anda sampai baterainya habis.

Menggunakan smartphone Anda sampai baterainya habis bisa bikin baterai smartphone Anda stress.

Plus, jangan juga melakukan charge smartphone hingga 100%. Ini pun tidak baik, apalagi sampai meninggalkannya dalam keadaan charge 100% dalam waktu yang lama.

Ini juga bikin baterai stress. Bahkan jadi gendut. Pernah liat keadaan baterai yang obesitas?

#2 Kontrol Durasi Bermain Game

Kedengarannya sulit. Apalagi jika Anda punya anak yang menggunakan smartphone Anda untuk bermain game-game berat. Alias game dengan grafis 3D dan tampilan ciamik.

Tapi ini harus dilakukan. Kebenaran harus ditegakkan. Jadilah orang tua yang tegas dan selamatkan smartphone mahal Anda.

Tidak hanya game 3D, game 2D pun bisa membuat baterai smartphone cepat panas. Salah satu bahaya smartphone panas bisa mengancam anak Anda, lho. Beberapa kasus seperti smartphone yang meledak tiba-tiba sudah banyak terjadi.

Waspadalah.

#3 Hentikan Menonton Video Terlalu Lama

Youtube adalah godaan terberat ketika banyak waktu luang di kantor. Anda pasti suka menonton cuplikan gol-gol dari pemain bola favorit Anda, apalagi cuplikan adegan terbaik di Ini Talk Show oleh Sule dan Andre.

Youtube menyajikannya kepada Anda secara gratis. Asalkan ada koneksi Internet.

Menonton video terlalu lama adalah salah satu faktor smartphone panas dan ini sangat berbahaya. Selain bisa merusak baterai smartphone, menonton video terlalu lama dengan koneksi Internet bisa merusak komponen antena Wi-Fi dan selular smartphone.

#4 Selalu Ingat! Matikan Bluetooth dan Wi-Fi Selesai Menggunakannya

Anda sering mengirim dokumen, lagu, atau bahkan video melalui Bluetooth? Sah-sah saja sih, walaupun banyak orang mengatakan mengirim file dengan Bluetooth bisa terkena virus. Tapi jangan khawatir, itu tidaklah benar.

Kecuali jika pengirimnya menyelipkan sebuah virus saat proses pengiriman, hehe.

Selalu ingat untuk mematikan koneksi Wi-Fi Anda setelah selesai menggunakannya. Wi-Fi yang selalu aktif akan melakukan proses pencarian sinyal secara terus-menerus.

Ini bisa menyebabkan processor smartphone panas dalam waktu yang lama, lho. Apalagi jika Anda lupa mematikannya seharian.

#5 Hindari Koneksi Sinyal Seluler yang Tidak Stabil

Jika Anda sedang berada di daerah terpencil, sinyal seluler di smartphone Anda pasti sedikit sekali. Itu wajar karena mungkin tower operator seluler Anda jauh dari sana.

Sebaiknya jika sedang tidak ingin mengirim sms, atau menelepon, matika koneksi seluler Anda saat berada di daerah miskin sinyal. Mengaktifkan mode Terbang atau Airplane Mode juga bisa jadi solusi praktis.

Sinyal seluler yang sedikit bisa meningkatkan kerja processor smartphone untuk terus-menerus mencari sinyal. Ini bisa memicu baterai smartphone panas berlebihan.

#6 Lepaskan Casing Smartphone

Casing menahan panas smartphone untuk keluar. Panas yang dimunculkan oleh komponen di dalam smartphone harus dikeluarkan agar tidak menumpuk di dalam dan memicu ledakan.

Lepaskan casing smartphone setiap kali Anda berada di dalam ruangan yang panas, ataupun sedang melakukan aktifitas di luar dalam jangka waktu yang lama.

Casing smartphone memang bermanfaat dan penting, apalagi ketika smartphone jatuh. Casing adalah benda yang selalu bisa Anda andalkan, kawan. Namun sayangnya benda ini punya efek samping yang tidak bisa kita sepelekan.

#7 Hindari Terkena Cahaya Matahari Secara Langsung

Para fotografer smartphone, ingatlah hal ini. Jangan biarkan layar smartphone kalian menghadap ke matahari, ya. Layar smartphone yang berwarna hitam, mengumpulkan cahaya dan panasnya sekalian.

Panas matahari yang luar biasa untuk negara kita ini tidak baik untuk kesehatan smartphone. Sangat tidak baik.

Jangan letakkan smartphone di meja dalam keadaan layar depan menghadap ke atas. Selalu tutup smartphone dengan casing yang ada tutupnya. Atau pastikan layar smartphone Anda menghadap ke permukaan meja.

Kesimpulan

Memiliki smartphone yang bisa dibilang sebuah barang mewah, tidak bisa sembarangan dan asal pakai. Tapi jika Anda cermat dan hati-hati, smartphone Anda bisa tahan lama dan menyenangkan hati.

Intinya adalah gunakan smartphone dengan smart. Pakai secukupnya, dan jangan berlebihan. Semakin mahal smartphone Anda, maka semakin ribet dalam perawatan, plus semakin mahal jika ada kerusakan.