7 Smartphone Terbaik di Tahun 2016

Akhir tahun 2016 sudah didepan mata, banyak diskon bertebaran dimana-mana. Mulai dari toko online hingga toko di seberang rumah. Ini adalah saat yang tepat untuk Anda yang merasa harus mengganti smartphone lama Anda.

Masalah baru pun muncul, smartphone apa yang harus Anda beli? Merk apakah yang memiliki produk yang berkualitas di lini smartphone? Apa spesifikasi smartphone yang terbaik untuk Anda? Apa saja keunggulan setiap smartphone ini?

Saya akan membahas secara singkat setiap keunggulan, kekurangan, dan keunikan 7 smartphone terbaik di tahun 2016 ini.

Kompetisi yang diberikan oleh ketujuh smartphone ini terbilang sengit. Beberapa media yang mengulas smartphone-smartphone ini memberikan variasi rating yang unik.

rating techradar

Rating oleh TechRadar

TechRadar memberikan rating yang mengunggulkan Samsung Galaxy S7 Edge diantara yang lainnya. Namun yang mengejutkan adalah iPhone SE memiliki rating yang sama dengan Google Pixel XL. Padahal diketahui bahwa keduanya memiliki ukuran layar yang tidak sama. Sepertinya spesifikasi dan kenyamanan iPhone SE tetap menjadi favorit para pengguna.

iPhone 7 Plus

Nama besar iPhone sudah tak asing lagi bagi pengguna smartphone di Indonesia. iPhone 7 Plus, disinyalir merupakan smartphone yang memiliki tampilan paling cantik dari kompetitor lainnya. Ukuran layar yang lebar, yakni 5,5 inci, benar-benar meningkatkan pengalaman pengguna merasakan tampilan iOS 10 yang terbaru.

Mereka yang sudah terbiasa dengan produk dari Apple, pasti menjatuhkan pilihan utamanya pada smartphone ini. Warna pink gold yang berkesan cantik, menawan, dan berkelas, merupakan favorit seluruh wanita dalam memilih warna iPhone 7 Plus.

smartphone terbaik iphone 7 plus

iPhone 7 Plus

iPhone 7 Plus memenuhi ekspektasi seluruh Apple fanboy. Smartphone ini telah dilengkapi dengan baterai yang tahan cukup lama. Sebuah poin penting yang diharapkan dari generasi sebelumnya. Apple juga menambahkan keunggulan lain dari sebuah iPhone, yakni tahan terhadap air.

Walaupun mereka mengatakan bahwa iPhone 7 Plus sudah “water resistant”, sebaiknya Anda tidak nekat berenang dengan menggenggam iPhone ini tanpa pelindung ekstra. Anda hanya tidak perlu lagi khawatir apabila menggunakan iPhone 7 Plus dikala hujan.

Keunggulan

  • Tahan air (water resistant)
  • Kamera terbaru, sistem dual camera

Kekurangan

  • Desain masih sama seperti generasi sebelumnya
  • Ukuran terlalu besar bagi sebagian orang

Samsung Galaxy S7 Edge

Smartphone ini menomor-satukan layarnya yang dual curve (dan bengkok di kedua tepi). Belum ada kompetitor lain yang mampu memiliki kepopuleran layar dual curve seperti Samsung Galaxy S7 Edge. Layar yang unik ini menjadikannya sebuah smartphone paling futuristik yang pernah ada.

Anda yang menyukai smartphone dengan material body aluminium dan layar kualitas terbaik, Galaxy S7 Edge adalah pilihan yang tepat. Foto-foto yang dihasilkan oleh smartphone ini juga tak kalah kualitasnya dengan iPhone 7 Plus.

samsung galaxy s7 edge

Samsung Galaxy S7 Edge

Keunggulan Galaxy S7 Edge dari iPhone 7 Plus adalah memori penyimpanan yang dapat ditambahkan. Fitur tahan air juga dimiliki olehnya, oleh karena itulah persaingan dengan iPhone 7 Plus semakin ketat.

Walaupun fitur fingerprint dan TouchWiz yang belum sempurna, Galaxy S7 Edge tetaplah pilihan terbaik untuk para fans sistem operasi Android.

Keunggulan

  • Material desain premium, sudah tidak lagi menggunakan plastik
  • Kamera mengambil gambar dengan kualitas tinggi

Kekurangan

  • Dilengkapi dengan fitur fingerprint magnet
  • Desain user interface simple dan unik

Google Pixel XL

Jika saya diberi pilihan antara ketiga smartphone ini, iPhone 7 Plus, Galaxy S7 Edge, dan Google Pixel XL, pilihan yang sangat berat, lho. Ketiganya memiliki desain tampilan yang sangat cantik, beserta user interface yang enak dipandang mata.

Namun keunggulan iPhone 7 Plus yang tidak dimiliki Google Pixel XL adalah ekosistem aplikasi di dalamnya. Semua orang tahu bagaimana Google Play Store dibanjiri aplikasi kurang berkualitas.

google pixel xl

Google Pixel XL

Satu-satunya poin yang menjadikan Google Pixel XL kalah dibandingkan iPhone adalah tidak tahan air, itu saja. Google telah memberikan software terbaik milik mereka ke dalam Google Pixel XL. Smartphone ini juga dilengkapi dengan kamera yang bagus.

Keunggulan

  • Tersedia dengan fitur unik, virtual assistant
  • Kualitas kamera cukup bagus

Kekurangan

  • Tidak tahan air
  • Desain body sangat biasa, tidak lebih dari kompetitornya

iPhone SE

iPhone SE adalah pilihan terbaik bagi saya yang memiliki ukuran telapak tangan yang kecil. Ketiga smartphone sebelumnya memiliki layar yang berukuran lebih dari 5 inci. Jelas sekali jari-jari di tangan saya tak mampu menyentuh seluruh sudut layar jika menggenggam dengan satu tangan.

iPhone SE ditujukan bagi mereka yang menyukai smartphone kecil namun tetap menomor-satukan performa.

iphone se

iPhone SE

iPhone SE memang bukanlah sebuah terobosan baru, namun mengunggulkan perubahan spesifikasi untuk menambah kenyamanan bagi penggemar smartphone kecil tidaklah salah.

Walaupun tidak dilengkapi dengan 3D Touch, smartphone ini tetap tidak kalah saing dengan kompetitor lain. Sayangnya tidak ada perubahan sedikitpun pada tampilan body. Apakah sulit jika membuat smartphone ini lebih tipis dari iPhone 5s? Mengapa Apple tidak mengubah dengan tampilan iPhone 5C, ya?

Keunggulan

  • Ukurannya pas ditangan dan nyaman digunakan
  • Baterai tahan cukup lama, hampir seharian

Kekurangan

  • Desain sama dengan generasi pendahulunya, iPhone 5s

OnePlus 3T

OnePlus 3T adalah smartphone keempat yang diluncurkan oleh OnePlus, dan berhasil menjadi yang terunggul. Harga smartphone ini memang terbilang murah walaupun dilengkapi dengan spesifikasi yang tidak kalah dari kompetitornya.

Smartphone ini dilengkapi software yang sangat berkualitas. Inilah salah satu poin unggul OnePlus 3T dari smartphone lainnya saat ini.

oneplus 3t

OnePlus 3T

Murah bukan berarti murahan, itulah yang saya pikirkan ketika melihat smartphone ini. Material body yang premium, dilengkapi dengan performa yang baik, menjadikan smartphone ini pilihan yang tepat bagi mereka dengan budget pas-pasan.

Daya tahan baterainya memang tak terlalu menyenangkan, dan kameranya tidak sebaik Galaxy S7. Namun dengan harga yang jauh lebih murah dari Galaxy S7, inilah smartphone terbaik Anda.

Keunggulan

  • Harga murah untuk spesifikasi yang tidak main-main
  • Desain premium walaupun harga murah

Kekurangan

  • Tanpa memori ekstra untuk microSD

Nexus 6P

Setelah Google memulai proyek membangun smartphone Google Pixel, orang-orang mengira tak akan ada lagi yang berminat terhadap Nexus 6P. Kenyataannya tidak, Nexus 6P masih menjadi favorit pengguna sistem operasi Android karena ukuran layar yang cukup besar, yakni 5,7 inci dengan 2K display.

Smartphone ini juga diunggulkan dengan baterai yang tahan cukup lama walaupun memiliki ukuran layar yang besar itu.

nexus 6p

Nexus 6P

Nexus 6P memiliki prosesor yang tidak biasa, sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk bermain game dengan smartphone ini. Material aluminium yang premium sangat pas bersanding dengan fitur fingerprint sensor.

Sayangnya, hasil jepretan kamera Nexus 6P tidak dapat dibanggakan.

Keunggulan

  • Material desain menggunakan metal
  • Harga sesuai dengan spesifikasi yang diberikan

Kekurangan

  • Tidak ada fitur wireless charger

LG G5

Mungkin tampilan LG G5 tidaklah sebaik Samsung Galaxy S7 Edge, namun diantara beberapa smartphone terbaik, LG G5 memberikan sejumlah fitur unik sebagai tambahan seperti camera grip dan audio dengan resolusi tinggi. LG G5 adalah satu-satunya smartphone yang masih memberikan akses kepada penggunanya untuk melepas baterai.

lg g5

LG G5

Smartphone ini benar-benar nyaman digunakan, walaupun tidak sesempurna kompetitornya. Fitur “swap battery” adalah satu-satunya yang tidak dimiliki smartphone lain, dan itu adalah nilai plus. Kemudahan mengganti baterai smartphone sendiri sangat diinginkan oleh banyak orang.

Anda yang menyukai fotografi pasti juga akan menyukai fitur mode normal dan ultra-wide angle pada pengambilan gambarnya.

Keunggulan

  • Sistem dual kamera, menghasilkan gambar berkualitas tinggi
  • Mode pengambilan gambar yang inovatif

Kekurangan

  • Tampilan tidak semewah kompetitor lain
  • Varian aksesoris dipertanyakan

Smartphone Terbaik 2016: iPhone 7 Plus

Sedikit orang yang tidak setuju jika diberi pertanyaan apakah smartphone yang terbaik adalah iPhone 7 Plus. iPhone generasi sebelumnya tidak dilengkapi kemampuan tahan air dan daya tahan baterai yang cuma mampu setengah hari. Kini, iPhone sudah menjadi favorit semua penggila smartphone. Sistem operasi iOS yang dilengkapi dengan kualitas aplikasi yang tidak sembarangan. Inilah iPhone 7 Plus smartphone terbaik di tahun 2016 ini.