5 Youtuber Terkaya dengan Penghasilan Tertinggi di Tahun 2016

Semua orang pernah mengakses Youtube, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, mereka merasa senang menonton video-video di Youtube hingga ada yang ketagihan. Youtube menyajikan layanan berbagi video dengan tanpa memungut biaya sepeser pun. Perusahaan ini memperoleh keuntungan dengan menampilkan iklan-iklan yang merupakan sponsor. Setiap pemilik akun Youtube memiliki kesempatan untuk memperoleh penghasilan dari video-video yang mereka upload. Youtube akan menampilkan iklan-iklan yang akan disaksikan oleh orang-orang yang menonton video tersebut. Angka penghasilan yang diperoleh tidak main-main, lho. Beberapa orang di seluruh dunia telah menghasilkan lebih dari jutaan dolar dalam setahun dengan sebuah channel Youtube miliknya. Siapa saja Youtuber terkenal dalam skala Internasional?

#5 Rosanna Pansino, Membuat Kue Berpenghasilan $6 juta pertahun

Rosanna Pansino dikenal dengan channel Youtube yang menyajikan video-video acara memasak dengan judul Nerdy Nummies. Berawal dari ketertarikannya terhadap kemampuan memasak yang diperoleh dari neneknya, Rosanna pun memulai karir sebagai Youtuber.

rosanna pansino

Rosanna Pansino: Business Insider

Video-video yang dibuat oleh Rosanna memiliki tampilan yang menarik dan kaya akan warna-warna yang cantik. Rosanna mengawali karir sebagai Youtuber dengan membuat video yang menampilkan bagaimana caranya seseorang membuat acara pesta dengan tema unik. Kemudian, para penikmat Youtube menyukai videonya tersebut dan memintanya untuk membuat video lain dengan konsep yang sama.

Selama ini, Rosanna telah membuat lebih dari 100 kue, biskuit, dan cupcake sebagai bagian dari konten dari setiap videonya di channel Nerdy Nummies. Hingga saat ini, Rosanna telah meraih lebih dari 7,3 juta subscriber sejak mengawali karir Youtuber pada tahun 2010 lalu. Seluruh video yang telah ia upload, ditonton oleh 75 juta orang pengguna Youtuber setiap bulannya.

Selain membuat video-video Youtube, membuat kue-kue cantik, Rosanna juga sedang membuat buku. Bukunya yang berjudul “The Nerdy Nummies Cookbook: Sweet Treats for the Geek in All of Us” adalah buku yang terinspirasi dari video-video Youtube miliknya. Masyarakat dapat meniru kue-kue yang ia buat menggunakan resep di buku tersebut.

Rosanna pernah membintangi sebuah acara televisi, Glee. Ketika diwawancarai oleh Cosmopolitan, Rosanna mengatakan “Saya selalu menginginkan pekerjaan di dunia hiburan”.

Banyak fans yang mempertanyakan apa status hubungan Rosanna saat ini. Rosanna dikabarkan masih berstatus single, lho.

Anda pasti penasaran seperti apa sih acara memasak milik Rosanna? Simak video di akun Rosanna Pansino yang paling banyak ditonton di bawah ini.

#4 SMOSH, Komedi Ringan dengan Penghasilan $7 juta pertahun

Andrew Hecox dan Daniel Anthony Padilla adalah sepasang remaja yang memulai karir sebagai Youtuber dengan konsep komedi. Smosh berawal dari video-video animasi Flash yang diupload oleh Anthony di Newgrounds pada tahun 2003. Tak lama kemudian Ian Hecox bergabung dengan Smosh. Mereka berdua mulai mengupload video-video di Youtube pada tahun 2005. Tak butuh waktu lama, akhirnya mereka berdua sukses memiliki channel Youtube paling populer saat itu.

Beberapa tahun sesudahnya, Smosh berkembang menjadi sebuah bisnis yang serius. Kini Ian dan Anthony telah didukung oleh banyak ahli dalam produksi animasi, multi bahasa, konten game, dan beberapa aktor tambahan.

Ian dan Anthony juga mulai menjajaki bisnis film. Keduanya dikabarkan sedang membuat sebuah film berjudul Ghostmates. Film ini menceritakan Anthony, seorang pria kurang beruntung yang hidupnya berubah ketika ia pindah ke sebuah apartemen baru yang dihuni oleh sesosok hantu, Ian. Pada film ini, peran Anthony bernama Charlie dan Ian bernama Eddie. Eddie adalah hantu yang hanya dapat dilihat oleh Charlie seorang.

Ayo kita saksikan video trailer film Ghostmates di bawah ini.

Jika Anda ingin menonton film Ghostmates, Anda harus melakukan subscribe channel Youtube Red, dan sayangnya untuk melakukannya tidak gratis. Anda diwajibkan untuk membayar $9,99 setiap bulan untuk menikmati seluruh video di channel tersebut. Selain itu, channel ini belum tersedia untuk pengguna di Indonesia.

#3 Lilly Singh, Komedian Wanita Youtube dengan Penghasilan $7,5 juta pertahun

Seorang wanita asal Kanada, Lilly Singh memiliki penghasilan sebesar $7,5 juta dari karirnya sebagai komedian di Youtube. Para fansnya mengenal Lilly dengan username Superwoman. Nama tersebut terinspirasi dari sebuah cincin yang berbentuk huruf ‘S’ yang Lilly miliki ketika ia masih kecil. Lilly memulai channel Youtube-nya pada tahun 2010 dan hingga kini ia telah sukses meraih 10 juta subscriber. Seluruh video-video yang ia upload di Youtube telah ditonton hingga lebih dari 1,5 milyar kali!

lilly singh

Lilly Singh: Youtube

Lilly pernah dinobatkan sebagai salah satu featured channel di Youtube Rewind pada tahun 2014. Penghargaan lain yang ia peroleh selain dari Youtube adalah MTV Fandom Award, Streamy Award dan Teen Choice Award.

Selain berprofesi sebagai komedian di Internet, Lilly juga senang menulis. Ia akan meluncurkan buku pertamanya yang berjudul How to be a Bawse pada tahun 2017 nanti.

Hingga kini, belum ada Youtuber wanita yang bisa mengalahkan kepopuleran Lilly. Ia telah meraih 10 juta subscriber hanya dengan membuat orang tertawa.

Sebagian video miliknya yang sangat populer adalah video yang berjudul “Getting Schooled by Michelle Obama” yang menampilkan First Lady, istri dari presiden Amerika Serikat, video lainnya adalah “How Girls Get Ready” yang sangat menginspirasi.

Dilansir oleh Buzzfeed, Lilly mengatakan bahwa “Dari sudut pandang bisnis ketika saya mengenal Youtube, saya menyadari belum ada wanita Asia Selatan yang berbisnis disini, jadi saya pikir ini adalah kesempatan yang bagus untuk membangun pasar.”

Mari kita saksikan salah satu video yang diupload oleh Lilly.

#2 Roman Atwood dengan Penghasilan $8 juta pertahun

Youtube menjadi semakin menarik sejak Roman Atwood meluncurkan vlog-vlognya. Ia adalah seorang Youtuber dengan video-video bertemakan komedi dan kehidupan sehari-hari. Roman memiliki dua channel Youtube, RomanAtwood dan RomanAtwoodVlog. Pada channel RomanAtwood, ia mengupload beragam video yang menampilkan adegan gurauan (prank).

roman atwood

Roman Atwood: Mashable

Sejak meluncurkan video Vlog pertamanya, channel RomanAtwoodVlog telah memiliki lebih dari 10 juta subscriber. Sedangkan pada channel lainnya, Roman telah meraih subscriber juga sebanyak 10 juta, jadi totalnya ia memiliki lebih dari 20 juta subscriber di kedua channel miliknya. Video-video yang diupload di channel RomanAtwood telah ditonton hingga lebih dari 1,3 milyar kali.

Selain membuat video-video Youtube, Roman juga membuat sebuah game yang berjudul Smile Inc. Roman bekerjasama dengan developer Super Lame Games pada tanggal 21 Oktober 2016 untuk mensukseskan game mobile ini.

Smile Inc adalah game dengan genre endless runner dimana pemain akan berlari menghindari kekacauan di sebuah kantor Smile More. Game ini dapat diunduh secara gratis, lho. Dilansir di akun twitter miliknya, Roman mengatakan bahwa game miliknya ini telah di-download sebanyak 2 juta kali dalam waktu 48 jam.

#1 PewDiePie, Youtuber Terkaya dengan Penghasilan $15 juta pertahun

Nama aslinya adalah Felix Arvid Ulf Kjellberg. Sulit untuk mengejanya, ya. PewDiePie adalah Youtuber paling sukses di seluruh dunia. Felix mengupload video-video dengan konten walkthrough game yang dikemas dalam sajian humor. Ia juga mengupload banyak video Vlog bersama kekasihnya, Marzia Bisognin.

pewdiepie youtuber terkaya

PewDiePie: Unilad

Felix mengawali karirnya dengan mengundurkan diri dari kampus Chalmers University of Technology. Pada tahun 2010, ia membuat sebuah channel Youtube PewDiePe sembari berjualan hot dog untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari dan menunjang keuangan pembuatan videonya.

Tak butuh waktu lama, pada tahun 2012 ia telah meraih satu juta subscriber. Jumlah subscribernya pernah dikalahkan oleh channel lain, yakni Youtube Spotlight. Namun pada tahun 2013, subscribernya mencapai angka 50 juta orang. Belum pernah ada satupun Youtuber yang bisa mencapai angka tersebut. Seluruh video yang ia upload telah ditonton oleh masyarakat dunia sebanyak lebih dari 13,8 milyar kali.

Felix pernah mendapat penghargaan sebagai salah satu dari “The World’s 100 Most Influential People”.

Yuk kita saksikan video PewDiePie berikut ini.

Ketika channel Youtube PewDiePie mencapai angka 50 juta subscriber, Felix mengatakan bahwa ia akan menutup channel Youtube miliknya dan beristirahat dari bisnis sebagai Youtuber. Pada video tersebut, Felix mengomentari sejumlah perubahan yang terjadi pada Youtube yang mengakibatkan video-videonya yang terbaru tidak ditonton oleh banyak orang seperti biasa. Felix benar-benar melakukannya, ia telah menutup channel Youtube miliknya, namun bukan channel PewDiePie, melainkan Jack Septiceye2, sebuah akun lain miliknya. Para fans dibuat sedih dan merasa “dikerjai” oleh Felix.

Seorang Youtuber kelihatannya memperoleh penghasilan yang besar. Namun hal itu tidak luput dari pengorbanan yang mereka lakukan. Mulai dari meninggalkan sekolah, hingga dikomentari oleh haters. Well, tidak ada gading yang tak retak. Semua bisnis memiliki resikonya sendiri-sendiri.

Apakah Anda juga berminat memulai karir sebagai Youtuber dan ingin menjadi Youtuber terkenal seperti PewDiePie ataupun Rosanna?

Kita telah membahas lima Youtuber terkenal seantero dunia. Bagaimana dengan para Youtuber di Indonesia, ya? Siapa sajakah Youtuber terkenal yang berpenghasilan tertinggi di negara kita ini? Saya akan bahas di artikel lain di lain waktu. Simak terus nodetechno.com, ya!